Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Soal Bagi Hasil Destinasi Wisata dengan Pemdes, Pemkab Blitar Pilih Ngalah

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Heryanto

19 - Sep - 2018, 18:57

Placeholder
Ilustrasi.(Foto : Team BlitarTIMES)

Mensikapi dana bagi hasil atas potensi destinasi wisata di Kabupaten Blitar, Pemkab Blitar memilih mendapatkan prosentase hasil lebih kecil daripada pemerintah desa.

Merujuk pada penandatanganan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Blitar, Perhutani dan pemdes terkait pengelolaan tempat wisata yang ada di Kabupaten Blitar, pihak desa mendapat 50 persen selaku operator lapangan dan pelayanan di lokasi pelesiran.

Sedangkan Pemkab Blitar yang bertugas melakukan publikasi dan perbaikan fasilitas serta sarpras dilokasi wisata, hanya menerima 25 persen.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disporbudpora) Pemkab Blitar, Luhur Sejati, mengatakan sistem pembagian hasil dihitung dari pendapatan bruto (kotor) yang kemudian dipotong biaya pajak dan lainnya hingga menyisakan netto (bersih). Baru kemudian dilakukan bagi hasil antara ketiga pihak tersebut.

"Kemudian 25 persen lagi diberikan kepada Perhutani yang tugasnya sama dengan Pemkab Blitar. Sementara sisanya, yakni 50 persen diberikan kepada pemerintah desa yang bertugas untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan di lokasi wisata," jelas Luhur, Rabu (19/09/2018) siang.

Menurut dia, saat ini sudah ada tiga wisata yang dikelola oleh Pemkab Blitar, Perhutani dan pemdes.

Di antaranya Pantai Serang di Kecamatan Panggungrejo, Pantai Jolosutro di Kecamatan Wates dan Pantai Tambakrejo di Kecamatan Wonotirto.

"Dari kerjasama itu ketiga pihak akan memiliki kewenangan masing-masing," katanya.

Kendati begitu, kata dia, meski kerja sama ini baru berjalan beberapa bulan namun ia secara bertahap terus melakukan evaluasi. Agar ke depan kerjasama pengelolaan tempat wisata ini bisa lebih maksimal.


Topik

Wisata berita-blitar Soal-Bagi-Hasil-Destinasi-Wisata-dengan-Pemdes Pemkab-Blitar-Pilih-Ngalah Memorandum-of-Understanding Kepala-Dinas-Pariwisata-Kebudayaan-Kepemudaan-dan-Olahraga



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Heryanto