Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Bapas Pantau Mantan Narapidana Jadi Pengusaha

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : A Yahya

21 - Sep - 2018, 18:25

Placeholder
Bapas Kediri melakukan kunjungan ke mantan salah satu yang mempunyai usaha pembuatan tempe. (eko Arif s /JatimTimes)

Balai pemasyarakatan (Bapas) Klas II Kediri melakukan pembinaan bagi Eks napi yang menjalani masa reintegrasi pembebasan bersuara (klien) secara tuntas. Dalam pembinaan itu juga memonitoring perkembangannya hingga menjadi seorang yang benar-benar mandiri. 

Hal ini terlihat, pada panduan pendidikan teknis di tempat pelatihan saja terkadang masih kurang, mengingat kendala di lapangan cukup pelik. 

Terkait hal ini, Bapas berkunjung ke beberapa tempat Klien yang notabene memiliki usaha rumahan. Seperti kunjungan bapas ke kliennya berinisial TK warga Dusun Tembarak Kertosono Kabupaten Nganjuk yang menekuni usaha tempe.

Begitu juga ke klien Bapas Kediri dengan inisial MS di Ds. Gedangsewu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri dengan usaha yang telah dirintisnya di bidang pembuatan tahu dan ke tempt AP yang kini berjualan bakso di Kelurahan Pare Kabupaten Kediri. 

Yuyun Nurliana Kepala Bapas Kediri memberikan apresiasi terhadap kerja keras dan ketekunan yang ditunjukkan oleh klien mengingat tantangan ke depan yang tidak mudah. 

Selama ini terkadang secara teoritis berbeda dengan kondisi praktik di lapangan, sehingga monitoring tetap dilakukan."Kegiatan monev ini juga bertujuan untuk memberikan motivasi agar klien tidak patah arang dalam berwirausaha agar menjadi pribadi yang mandiri, sukses dan tidak lagi menjadi beban bagi keluarga,"tegas Yuyun. 

Sebelumnya berbagai langkah pembinaan dan motivasi telah dilakukan oleh Bapas Kediri terhadap Narapidana yang tengah menjalani masa reintegrasi dan pembebasan bersyarat. Selama ini untuk pengadaan pelatihan bapas mempertimbangkan bakat dan minat para klien, sehingga upaya pembinaan ketrampilan bisa dibilang tepat sasaran.


Topik

Peristiwa berita-kediri Bapas-Pantau-Mantan-Narapidana-Jadi-Pengusaha- Balai-pemasyarakatan Yuyun-Nurliana



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

A Yahya