Jadi Sentra Tahu di Blitar, Kelurahan Pakunden Bangun Galeri Tofu Senilai Rp 3,5 Miliyar

Salah satu tempat produksi tahu di Kelurahan Pakunden Kota Blitar (Foto: Meidian Dona Doni/ BlitarTIMES)
Salah satu tempat produksi tahu di Kelurahan Pakunden Kota Blitar (Foto: Meidian Dona Doni/ BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Sudah bukan rahasia bila makanan tahu yang setiap hari disantap warga Blitar dan sekitarnya adalah tahu yang berasal dari Kelurahan Pakunden, Kota Blitar. Selama puluhan tahun daerah ini merupakan sentra tahu di Blitar. Di daerah ini banyak pabrik tahu dengan para pengrajin yang juga dari warga sekitar.

Potensi ini terus dikembangkan oleh Pemerintah Kelurahan Pakunden dengan pengembangan konsep wisata kuliner. Tak tanggung-tanggung anggaran sebesar Rp 3,5 milyar digelontorkan untuk membangun Galeri Tofu (Tahu) sebagai pusat olahan makanan yang berasal dari tahu.

Lurah Pakunden, Wahyudianto, menjelaskan perencanaan pembangunan Galeri Tofu masuk pada program prioritas kelurahan. Menurutnya, dengan dibangunnya tempat wisata kuliner khas Pakunden, ia meyakini akan membawa manfaat besar bagi masyarakat setempat dalam hal meningkatnya geliat perekonomian warga, dan juga akan membantu pemerintah kota dalam hal eksplorasi tempat wisata yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Blitar kepada masyarakat luas.

"Pembangunan Galeri Tofu masuk program prioritas. Ini saya rasa akan menjadi kesempatan yang sangat baik untuk masyarakat Pakunden. Mereka bisa mempersembahkan berbagai hidangan dari tahu. Insyaallah akan kami tunjukkan bagaimana keunggulan yang dimiliki Kelurahan Pakunden,” ujarnya, Jumat (21/09/2018).

Lebih dalam Wahyudianto menerangkan, lokasi pembangunan sendiri berada di sebelah selatan Kantor Kelurahan Pakunden. Galeri Tofu (Tahu) nantinya akan dibangun di atas tanah asset milik Kelurahan Pakunden yang di Jalan Bengawan Solo, RT 04 / RW 03, Pakunden, Blitar. Tanah tersebut memiliki luas tanah 1.425 m2.

“Ada tanah milik kelurahan sebelah selatan kantor kelurahan, di situlah nantinya akan dibangun Galeri Tofu,” tuntasnya.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top