Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Senam Awas Satukan Peserta Pemilu, Ketua DPRD: Biasanya Yang Ramai Antar-Calon Satu Partai

Penulis : Dede Nana - Editor : Yunan Helmy

23 - Sep - 2018, 11:45

Placeholder
Senam Awas dijadikan medium untuk mempersatukan peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Malang, Minggu (23/9/2018) di lapangan Stadion Kanjuruhan. Kepanjen (Nana)

Kampanye pemilu sudah dimulai hari ini. Berbagai persiapan, baik oleh peserta pemilu maupun komisi dan badan pengawas, terus dimatangkan. Khususnya mengenai konsensus damai seluruh elemen dalam melaksanakan berbagai tahapan Pemilu 2019.

Tak terkecuali yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Malang yang menggandeng Pemerintah Kabupaten Malang, KPU, Polres Malang, kejaksaan, pengadilan negeri,  dan tentunya perwakilan dari 15 partai politik (parpol). Mereka mendeklarasikan pemilu damai dengan tajuk Menang Bermartabat Kalah Terhormat. 

Deklarasi yang digelar di lapangan Stadion Kanjuruhan,  Kepanjen, tersebut ditutup dengan senam bersama dalam meleburkan perbedaan warna parpol serta akan dimulainya kontestasi Pemilu 2019.

Senam Awas. Begitulah medium dalam deklarasi pemilu damai tersebut dinamakan. "Kami pilih senam awas sebagai mediumnya. Karena kami berharap seluruh kontestan pemilu nantinya bisa berkompetisi secara sehat. Kami ambil spirit olahraga melalui senam. Sportivitas dalam kompetisi dan persaudaraan, " kata Muhammad Wahyudi, ketua Bawaslu Kabupaten Malang, Minggu (23/9/2018). 

Senam Awas adalah sebuah harapan besar bahwa Pemilu 2019 bisa berjalan lancar,  aman dan damai. Jadi, persaudaraan dan menjunjung tinggi sportivitas diusung layaknya dalam perlombaan olahraga. Segala perbedaan serta strategi memenangkan pertandingan berjalan di rel aturan yang telah disepakati bersama. 

"Kami ingin pemilu berwajah ceria. Tidak menyeramkan. Walaupun tentu persaingan akan ketat dalam memperebutkan kursi nantinya," ujar Wahyudi. 

Walau kontestasi politik di Kabupaten Malang selama ini dianggap berjalan tertib,  aman dan lancar, peluang adanya gesekan di akar rumput maupun para calon yang akan berebut kursi di legislatif tetap menjadi perhatian seluruh pihak. 

Ketua DPRD Kabupaten Malang Hari Sasongko saat menandatangani deklarasi pemilu damai 2019 (Nana)

Hari Sasongko, ketua DPRD Kabupaten Malang, juga tidak menampik bahwa persaingan antar-caleg dalam Pileg 2019 yang melibatkan 15 parpol tentunya akan sangat ketat. Tidak tertutup kemungkinan persaingan tersebut juga bisa bergeser pada persoalan-persoalan yang tidak boleh dilakukan para kontestan. 

"Karena itu, deklarasi pemilu damai melalui Senam Awas patut kami apresiasi. Gesekan dimungkinkan ada. Ini kan persaingan," ujarnya kepada MalangTIMES. 

Disinggung mengenai ruang-ruang gesekan yang akan terjadi, Hari menjawab malah yang sangat potensial terjadi biasanya di dalam tubuh parpol itu sendiri.  "Biasanya persaingan ketat ya di dalam tubuh parpolnya sendiri. Antara satu caleg dengan caleg lainnya dalam mendapatkan suara di dapilnya. Ini biasanya yang terjadi,  tapi ini dinamika politik parpol," urai Hari. 

Pernyataan Hari tersebut didasarkan pada caleg yang telah ditetapkan daftar calon tetap (DCT) oleh KPUD sejumlah 612 orang dari 15 parpol peserta Pemilu 2019. Dari total caleg tersebut, setiap parpol mengirimkan 50 caleg nya untuk memperebutkan kursi di 7 daerah pemilihan (dapil). Sedangkan kursi yang akan diperebutkan jumlahnya hanya 50 kursi. 

"Jadi pasti umek nanti para caleg,  khususnya di dalam partainya masing-masing. Untuk bersaing memperebutkan kursi dengan mengalahkan rekan separtainya dulu. Baru berhadap-hadapan dengan caleh dari parpol lainnya," pungkas Hari.  (*)

 


Topik

Politik Senam-Awas-Satukan-Peserta-Pemilu Kampanye-pemilu Pemilu-2019 Bawaslu-Kabupaten-Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Yunan Helmy