Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Model Futuristik Tidak Cocok, Pantai Ngliyep Tetap Pertahankan Lokalitas

Penulis : Dede Nana - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

24 - Sep - 2018, 16:16

Placeholder
Pantai Ngliyep terus berbenah untuk semakin memikat wisatawan tanpa menghilangkan konsep lokalitasnya (dok MalangTIMES)
Pantai Ngliyep Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo,  terus bersolek setiap tahunnya. Tidak ingin kalah dengan pantai lainnya yang terus berubah, semisal pantai Balekambang, Ngliyep di bawah PD Jasa Yasa Kabupaten Malang juga terus menggeliat. 
 
Berbagai pembangunan untuk semakin mempercantik Ngliyep pun terus dilakukan. Walau pun secara tegas disampaikan oleh Ahmad Faiz Wildan Direktur Umum (Dirut)  PD Jasa Yasa Kabupaten Malang, pembangunan disesuaikan dengan corak dan ciri khas Pantai Ngliyep. 
 
"Ciri Pantai Ngliyep adalah lokalitasnya. Karena itu konsep pembangunan di sana tidak ke futuristik. Atau memakai unsur estetika modern secara keseluruhan," kata Wildan Dirut PD Jasa Yasa Kabupaten Malang, Senin (24/9/2018). 
 
Wildan melanjutkan, bahwa pembangunan dengan cita rasa lokal sesuai dengan kondisi Pantai Ngliyep yang secara keindahan tidak kalah dengan pantai lainnya. 
 
"Sampai tahun depan kita akan terus membangun Pantai Ngliyep. Hal ini untuk terus mengenalkan pantai bersejarah ini. Sehingga akan semakin banyak wisatawan yang datang ke sini," ujarnya yang kembali menegaskan dalam konsep pembangunan tetap akan menguatkan sisi tradisionalnya. 
 
Seperti diketahui, kunjungan wisatawan Ngliyep tidak sebanyak dengan pantai lainnya. Selain dikarenakan lokasi Ngliyep, sarana prasarana pun masih belum teroptimalisasi. Sehingga keindahan alam, karakteristik lokal seperti ritual larung sesaji yang dilakukan setiap bulan Suro, belum termaksimalkan dalam konteks pariwisata.
 
Dari rencana yang disampaikan, tahun 2019 akan juga dibangun sarana prasarana pendukung, berupa masjid di Ngliyep. Selain penambahan gapura serta berbagai pusat selfie di Teluk Putri. 
"Kita ada 21 ikon di Pantai Ngliyep yang siap menyapa wisatawan. Ini juga direncanakan adanya penambahan penginapan," pungkas Wildan. 

Topik

Wisata Model-Futuristik Pantai-Ngliyep PD-Jasa-Yasa-Kabupaten-Malang pemkab-malang wisata-malang wisata-pantai-malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Sri Kurnia Mahiruni