Resmi Dilantik, Mundjidah-Sumrambah Segera Jalankan Roda Pemerintahan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Jombang

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab bersalaman dengan Gubernur Jawa Timur Soekarwo setelah dilantik di Gedung Negara Grahadi Surabaya. (dokumentasi Diskominfo Jombang)
Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab bersalaman dengan Gubernur Jawa Timur Soekarwo setelah dilantik di Gedung Negara Grahadi Surabaya. (dokumentasi Diskominfo Jombang)

JATIMTIMES, JOMBANG – Hj Mundjidah Wahab dan Sumrambah secara resmi dilantik sebagai bupati dan wakil bupati Jombang periode 2018-2023. Pelantikan dan pengambilan sumpah digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya oleh Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo, Senin (24/9/18). Selain jajaran Forkopimda Provinsi Jawa Timur, pelantikan juga disaksikan Jajaran Forkopimda Kabupaten Jombang.

Prosesi diawali pembacaan surat keputusan mendagri oleh kepala Biro Administrasi Pemerintahan Setda Provinsi Jatim. Lalu dilanjutkan prosesi pengambilan sumpah jabatan oleh Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo, penandatanganan berita acara sumpah jabatan, serta pemasangan tanda pangkat dan tanda jabatan. Terakhir gubernur menyerahkan petikan surat keputusan kepada bupati dan wakil bupati yang telah dilantik. “Selamat kepada bupati dan wakil bupati yang baru saja dilantik. Masyarakat bangga dan bahagia mempunyai pemimpin baru, mandat serta harapan baru.

Semoga amanah dalam memimpin masyarakatnya,” ungkap Gubernur Soekarwo saat mengawali sambutan. Pakde Karwo -sapaan akrab gubernur Jawa Timur- ini melanjutkan bahwa semuanya patut bersyukur karena pilkada aman lancar, sebagai representasi taat hukum. “KPU, Bawaslu, Polri, TNI patut diapresiasi dan disampaikan terima kasih. Tenaga dan pikirannya telah dicurahkan untuk pesta demokrasi ini,” ujarnya.

Setelah dilantik, Pakde Karwo meminta agar para kepala daerah ini segera menyatukan gerak dan langkah bersinergi dengan pemerintah pusat dan provinsi untuk membangun Jatim. "Tiga bulan setelah pelantikan, harus siap merealisasikan janji politik yang telah tertuang dalam visi misi. Koordinasi dan komunikasikan dengan DPRD. Mengaculah dan berpedomanlah pada pemerintah pusat dan provinsi,” pintanya. Kepada bupati dan wakil bupati Jombang yang baru saja dilantik, Pakde Karwo secara khusus meminta untuk fokus pada permasalahan pengangguran di Kabupaten Jombang yang mencapai angka 5,14. “Pengangguran di Jombang harus menjadi fokus yang perlu diperhatikan. Detailnya bisa dikomunikasikan bersama DPRD,” kata Pakde Karwo. Selain bupati dan wakil bupati Jombang, bersamaan dengan ini, 11 kepala daerah dan wakilnya juga dilantik.



Yakni bupati Probolinggo, bupati Bangkalan, bupati Bojonegoro, bupati Nganjuk, bupati Pamekasan, bupati Pasuruan, bupati Magetan, bupati Madiun, bupati Lumajang, bupati Bondowoso, serta wali kota Malang. Terpisah, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyampaikan akan meneruskan program yang sudah ada hingga 2018 ini. Selanjutnya untuk tahun anggaran 2019 akan segera dilakukan sinkronisasi dari program-program yang sudah dicanangkan oleh pasangan bupati dan wakil bupati Jombang yang baru tersebut. "Dari visi misi kita akan kita sesuaikan dengan RPJMD (Rancana Pembangunan Jangka Menengah Daerah).

Sehingga semua perogram OPD itu bisa menunjang dan selaras dengan visi misi itu," jelas Mundjidah saat diwawancarai di pendapa Kabupaten Jombang setelah kembali dari pelantikan bupati dan wakil bupati Jombang di kantor Gubernur Jawa Timur. Sementara, setelah dilangsungkan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dua belas bupati/wabup dan wali kota/wawali kota terpilih, acara dilanjutkan pelantikan dan sertijab ketua TP PKK kabupaten/kota serta ketua Dekranasda masa bakti 2018-2023 oleh Ketua TP PKK Jatim Nina Soekarwo. Ketua TP PKK dan Dekranasda Jombang adalah Wiwin Isnawati Sumrambah selaku istri wakil bupati Jombang.

Prosesi diawali penyematan pin PKK dan Dekranasda serta dilanjutkan dengan penyerahan petikan SK pelantikan. Lalu, penandatanganan berita acara pelantikan dan berita acara sertijab, penyerahan memori jabatan dan penyerahan piagam penghargaan, serta sambutan ibu ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur. (*/adv/diskominfo)

 

Pewarta : Adi Rosul
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Jombang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top