Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Tingkatkan Mutu Pelayanan, Dispendukcapil Pemkab Blitar Gelar Studi Banding

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Heryanto

26 - Sep - 2018, 17:37

Placeholder
Studi banding Dispendukcapil Pemkab Blitar di Kabupaten Bantul (Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Untuk mencari masukan dan meningkatkan kinerja pelayanan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkab Blitar melakukan studi banding ke Dispendukcapil Pemkab Bantul, Jawa Tengah pada 20 September 2018.

Rombongan pun mendapat paparan langsung dari Kepala Dispendukcapil Pemkab Bantul beserta jajarannya.

Mereka datang untuk melihat langsung penerapan program inovasi dan pelayanan administrasi kependudukan yang diterapkan di Kabupaten Bantul.

“Studi banding ini bagian dari langkah-langkah kami dalam meningkatkan percepatan perekaman dan pencetakan KTP Elektronik (e-KTP),” kata Kabid Dafduk Dispendukcapil Pemkab Blitar, Anggo Takdhir Hanudji, ditemui BLITARTIMES di ruang kerjanya, Rabu (26/9/2018).

Dijelaskan, sesuai hasil rakornas Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan mengambil tindakan tegas kepada penduduk dewasa dengan usia di atas 23 tahun yang belum juga melakukan perekaman data KTP elektronik atau e-KTP.

Kemendagri memberikan waktu perekaman kepada penduduk dewasa hingga 31 Desember 2018. Apabila sampai 31 Desember 2018 belum merekam, maka data yang bersangkutan akan diblokir.

Menurut Anggo, sejauh ini perekaman e-KTP di Kabupaten Blitar sebenarnya sudah sangat baik. Hingga September 2018 sudah sekitar 98%.

Meski demikian pihaknya ingin tidak ada warga yang tidak terekam. Guna mewujudkan target pihaknya terus melakukan penyisiran melalui jemput bola.

“Seluruh warga Kabupaten  Blitar harus segera melakukan perekaman e-KTP. Karena bila sampai datanya non aktif maka yang bersangkutan akan mengalami kesulitan mengakses pelayanan publik,” terang dia.

Guna mewujudkan target tersebut diperlukan terobosan-terobosan dan inovasi pelayanan. Oleh karena itu Dispendukcapil Pemkab Blitar melaksanakan studi banding ke Kabupaten Bantul.

Menurut Anggo, Kabupaten Bantul memiliki luas wilayah yang jauh lebih kecil dari Kabupaten Blitar.

Meski demikian, personel serta peralatan yang dimiliki Dispendukcapil Pemkab Blitar masih kalah dari Dispendukcapil Pemkab Bantul. Ditambah lagi Kabupaten Bantul sudah menerapkan layanan online administrasi kependudukan.

“Di Kabupaten Bantul dengan jumlah penduduk sekitar 900 ribu petugas pelayanan Dispendukcapil nya sekitar 90 orang. Sedangkan kita, di Kabupaten Blitar ini penduduknya sekitar 1 juta 300 jiwa jumlah personil Dispendukcapil hanya sekitar 40 orang. Artinya untuk memfasilitasi jumlah penduduk sedemikian banyak, selain butuh tambahan alat, kita sebenarnya butuh sekitar 100 personel,” paparnya.

Diakui Anggo, guna mengejar target optimalisasi pelayanan pihaknya harus bekerja lebih giat lagi.

Upaya progresif Dispendukcapil Pemkab Blitar diantaranya segera menerapkan pelayanan online dan mengajukan kekurangan-kekurangan seperti peralatan dan anggaran tenaga kontrak dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD  2018.

“Harapan kami dalam PAK ini kita bisa mendapatkan tambahan alat serta tenaga kontrak atau relawan untuk membantu tugas-tugas kita. Tenaga kontrak itu setidaknya bisa membantu tugas-tugas kita selama tiga bulan mulai oktober, November dan desember,” katanya.

Ditegaskan, kepemilikan e-KTP mutlak diperlukan oleh warga Negara karena pada pemilih dalam Pemilu dan Pilpres 2019 wajib membawa e-KTP.

Sebagai instansi pelaksana, Dispendukcapil wajib menyelesaikan tugas-tugasnya dalam pencetakan e-KTP.

“Harapan kami nanti kita bisa memiliki 10 tenaga kontrak. Karena tugas kita akan banyak, siang dan malam pasti kerja untuk mengejar target. Dan hal semacam ini terjadi merata di Dispendukcapil seluruh Indonesia, tidak hanya Kabupaten Blitar saja,” pungkasnya.


Topik

Pendidikan Tingkatkan-Mutu-Pelayanan Dispendukcapil-Pemkab-Blitar-Gelar-Studi-Banding Dispendukcapil-Pemkab-Bantul Kabid-Dafduk-Dispendukcapil-Pemkab-Blitar Anggo-Takdhir-Hanudji



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Heryanto

Pendidikan

Artikel terkait di Pendidikan