Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Menyemai Asa Diangkat PNS, Guru Honorer di Kota Blitar Pilih Gelar Doa Bersama

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Heryanto

26 - Sep - 2018, 18:40

Placeholder
Doa bersama yang digelar Guru Honorer Kota Blitar.(Foto : Team BlitarTIMES)

Para guru honorer di Kota Blitar yang terwadahi dalam Forum Honorer Kota Blitar menggelar doa bersama di Aula Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar, Rabu (26/09/2018) pagi.

Giat doa bersama ini sebagai bentuk ikhtiar mereka, dengan harapan pemerintah memberikan rekomendasi melalui instrumen peraturan, bagi guru honorer yang berusia lebih dari 35 tahun, bisa mengikuti tes CPNSD (Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah) Kota Blitar tahun 2018.

Sebab merujuk pada aturan persyaratan mengikuti tes CPNSD tahun 2018 di Kota Blitar, usia lebih dari 35 tahun tidak bisa ikut tes.

Koordinator Forum Honorer Kota Blitar, Arif Bahana menyatakan, selain terganjal peraturan dalam hal usia supaya bisa ikut tes CPNSD, guru honorer juga mempertanyakan sikap pemerintah Kota Blitar untuk mensikapi kejelasan nasib para guru honorer yang hingga kini masih belum jelas statusnya dalam mengabdi di lembaga pendidikan di Kota Blitar.

"Kita koordinasi dengan PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) dan pihak-pihak terkait, mengusulkan kalau bisa ada aturan yang jelas soal itu (usia lebih dari 35 tahun bisa ikut tes CPNSD) dan masalah kejelasan status kita. Status kita kan masih ngambang disini, mau diapakan honorer di Kota Blitar," jelasnya, saat dikonfirmasi BLITARTIMES seusai giat doa bersama yang dimulai pada pukul 10.00 WIB itu.

Berbeda dengan daerah lain yang menggelar aksi mogok mengajar dan turun di jalanan, dengan berorasi menyatakan aspirasi kekecewaannya terkait persyaratan mengikuti tes CPNS dan sikap pemerintah yang tidak jelas terkait kepastian statusnya mengabdi dan tidak memihaknya, sambung Arif, dirinya bersama rekan-rekannya lebih memilih mengundang pihak pemerintah dan PGRI Kota Blitar untuk diajak diskusi mencari solusi atas persoalan yang dihadapinya.

"Memang kita diinstruksi dari Ketua PGRI pusat, kita tidak ada aksi mogok. Jadi semua tidak boleh meninggalkan ruang kelas. Kelas tetap kondusif, ini anak-anak juga tetap diajar dan sudah dikondisikan di-handle beberapa guru PNS yang ada, kita dispensasi melaksanakan acara ini," katanya.

Terkini, lanjut dia, jumlah guru honorer di Kota Blitar sebanyak 328 orang. Ratusan guru honorer tersebut mengabdi di sekolah negeri yang tersebar di seluruh Kota Blitar. Mereka mengajar dengan kondisi status tenaga kerja yang belum jelas.

Dari total jumlah guru honorer tersebut, terisi berbagai macam guru yang sudah lama mengajar dan yang masih baru mengabdi sebagai guru honorer.

"Tapi alhamdulillah kemarin ada insentif dari pemerintah kota Blitar cukup lah. Tapi kita tetap menanyakan bagaimana kejelasan status kita dan beberapa persoalan yang harus dikoordinasikan dengan pemerintah Kota Blitar," sambungnya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Blitar, Suyoto, menjelaskan bahwa pada pelaksanaan tes CPNSD di Kota Blitar tahun ini tidak boleh ikut bagi setiap orang yang berusia lebih dari 35 tahun. Aturan tersebut bukan regulasi yang dibuatnya sendiri, tetapi merupakan reduksi atau turunan peraturan dari pemerintah pusat.

Selain hal itu, dia juga menyatakan pemerintah Kota Blitar telah mengangkat tenaga honorer K2 di lingkungan pemerintah Kota Blitar menjadi CPNS pada tahun 2013 lalu. Jadi sekarang di pemkot Blitar tidak ada honorer K2 yang belum jelas statusnya.

Sehingga tenaga guru honorer di lingkungan pemerintah Kota Blitar yang belum diangkat sebagai CPNS merupakan tenaga yang diangkat oleh sekolah itu sendiri.

"Jadi K2 sudah kita angkat di 2013 lalu. Selanjutnya mereka yang masih hinorer itu mereka yang diangkat sendiri oleh masing-masing sekolah," tukasnya.


Topik

Peristiwa Menyemai-Asa-Diangkat-PNS Guru-Honorer-di-Kota-Blitar-Pilih-Gelar-Doa-Bersama Forum-Honorer-Kota-Blitar Arif-Bahana PGRI



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Heryanto