Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Takmir dan Ormas Islam Kota Blitar Deklarasi Tolak Politisasi Masjid

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

28 - Sep - 2018, 07:09

Placeholder
Deklarasi tolak politisasi masjid digelar di Masjid Agung Kota Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Menyikapi dinamika politik menjelang pemilu serentak 2019, aksi tolak politisasi masjid digelar di Masjid Agung Kota Blitar, Kamis (27/09/2018) malam.

Aksi diikuti seluruh perwakilan organisasi masyarakat (ormas) Islam Kota Blitar dan seluruh pengurus takmir masjid di Kota Blitar. Pada kegiatan tersebut, juga turut hadir Wakil Wali Kota Blitar Santoso dan Kepala Bakesbangpol PBD Pemkot Blitar Hakim.

Santoso menegaskan, upaya yang dilakukan takmir masjid dan seluruh ormas Islam di Kota Blitar itu sebagai langkah yang tepat untuk menekan potensi persoalan masjid dimanfaatkan oleh kepentingan politik yang berjangka pendek. "Jadi, jangan sampai masjid itu dijadikan kepentingan politik praktis dalam jangka pendek. Itu pada akhirnya akan merusak fungsi masjid sebagaimana mestinya," ujar dia.

Dalam tahun politik ini, khususnya pada Pemilu 2019 mendatang, dia mengajak kepada masyarakat untuk ikut membantu pengurus takmir masjid supaya masjid steril dari politik praktis. "Masyarakat supaya ikut membantu takmir masjid bagaimana menjaga fungsi masjid yang seharusnya agar kondisi dalam beribadah di masjid menjadi tidak terganggu," ungkapnya.

Karena itu, Forum Komunikasi Takmir Masjid dan beberapa organisasi masyarakat Islam Kota Blitar mendeklarasikan gerakan tolak politisasi terhadap masjid. Deklarasi ini digelar sebagai jawaban atas dinamika politik yang mulai berkembang dinamis pada tahun politik.

Ketua Takmir Masjid Agung Kota Blitar yang juga Ketua Forum Komunikasi Takmir Masjid dan Ormas Islam Kota Blitar KH Subakir mengatakan, deklarasi yang digelar ini sebagai langkah awal untuk memastikan bahwa seluruh masjid di Kota Blitar terbebas dari aktivitas politik praktis.

"Ini semata-mata menjaga masjid supaya tidak digunakan untuk politik. Dikhawatirkan masjid digunakan berpolitik sehingga antara pengurus bisa pecah, antara jamaah pecah, akhirnya kedamaian dan kenyamanan di masjid dalam beribadah dan berjamaah akan berkurang," ucapnya saat diwawancarai BLITARTIMES seusai acara deklarasi.

Dia juga menyampaikan hingga kini di Kota Blitar belum ditemukan kasus masjid disalahgunakan untuk berpolitik praktis. Untuk itu. pihaknya akan menguatkan konsolidasi dengan seluruh elemen terkait untuk mencegah politik praktis menyusupi masjid. (*)


Topik

Politik blitar berita-blitar Deklarasi-Tolak-Politisasi-Masjid



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy