Cantiknya Kampung Cantik di Kota Batu, Berhias Mural, Bersih dan Asri

Gapura Kampung Cantik di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Gapura Kampung Cantik di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

JATIMTIMES, BATU – Kampung tematik yang kreatif terus bermunculan di Kota Batu. Kali ini ada namanya Kampung Cantik di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu.

Sesuai dengan namanya, kampung ini memang cantik. Di sana ada hiasan mural-mural cantik di dinding-dinding rumah. Mural yang digambar di dinding itu beragam.

Tetapi kebanyakan mural lebih pada gambar tanaman. Keindahannya makin menyeruak karena dikombinasikan dengan paduan-paduan warna beragam.

Saat memasuki area Kampung Cantik, pengunjung akan disambut dengan gapura bertuliskan ‘Kampung Cantik’. Gapura dikelilingi dengan bunga mawar yang dibuat dari kantong plastik bekas berwarna putih, merah, merah muda, ungu, dan sebagainya. Ada beragam jenis taman di situ. 

Selain di gapura, dinding-dinding tembok dan beberapa jalan juga dihiasi dengan mural. Lalu juga ada hiasan-hiasan yang menggantung. Hiasan gantung itu dibuat dari bahan bekas seperti gelas plastik air meniral.

Tidak hanya sekadar dihiasi saja. Area kampung tematik ini memiliki tempat smooking area yang juga sudah dihiasi mural. Kebersihan lingkungan kampung ini juga jangan diragukan lagi. Bersih dan asri.

Camat Batu Aries Setiawan mengatakan di wilayahnya terus bermunculan kampung tematik. Itu sifatnya bukan sementara, tetapi untuk seterusnya.

“Hadirnya kampung tematik ini bukan sementara, melainkan akan terus ada. Akan dibenahi kalau sudah kurang bagus,” kata Aries. 

Kampung tematik ini diwujudkan untuk mengangkat desa atau kelurahan karena Kota Batu adalah tempat wisata. Selain itu, tujuannya adalah mewujudkan visi ‘Desa Berdaya Kota Berjaya’. 

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono menambahkan, hadirnya kampung tematik itu agar menjadi pilihan destinasi bagi wisatawan agar tidak terpusat pada wisata-wisata alam dan buatan yang ada di Kota Batu. “Kampung tematik ini hadir agar wisatawan bisa datang dan menunjukkan bahwa Kota Batu punya banyak destinasi wisata dengan kebersihan lingkungannya,” ujar Imam. 

“Memang setiap desa berupaya untuk membuat desa atau kelurahannya menjadi lebih baik. Mereka berlomba untuk mempercantik dan membuat hal yang berbeda,” sambung pria yang juga staf ahli di Pemkot Batu ini. (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Batu TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top