Mukbang hingga Iris Sabun, 4 Video Penghilang Stres Ini Ditonton Jutaan Orang

Shugi, salah satu pembuat konten mukbang
Shugi, salah satu pembuat konten mukbang

JATIMTIMES, MALANG – Tahukah Anda istilah ASMR? ASMR adalah salah satu cara mudah untuk menenangkan pikiran. Bahkan, ASMR dapat menjadi cara untuk menghilangkan stres.

ASMR merupakan singkatan dari autonomous sensory meridian response. Terdiri atas bunyi-bunyian yang menenangkan. Bunyi-bunyian tersebut biasanya adalah suara bisikan, suara orang yang sedang makan, dan gerakan berulang-ulang seperti menggesekkan pena ke kertas hingga mengiris sabun dengan pisau.

Saat ini, video ASMR sudah banyak tersebar di kanal youtube maupun instagram. Banyak orang yang menonton video ASMR untuk menghilangkan stres. Hal ini karena suara-suara dalam video tersebut memang bisa menenangkan pikiran. Jadi tidak perlu repot-repot ke ahli kejiwaan. ASMR juga menjadi solusi bagi Anda yang sulit tidur.

Sensasi ASMR dikategorikan menjadi dua, yaitu sensasi fisiologis (berupa rasa kesemutan, menggigil atau gelombang di kepala, leher, tulang belakang, dan seluruh tubuh) serta sensasi psikologis (perasaan yang baik, kebahagiaan, kenyamanan, ketenangan, kedamaian, relaksasi, istirahat, atau kantuk). Itu dikutip dari asmruniversity.com sebuah website penelitian tentang ASMR yang didirikan Dr Craig Richard Ph.D.

"ASMR adalah perasaan nyaman yang membuat orang sangat relaks. Biasanya disertai dengan sensasi rasa geli di kepala," jelas Richard.

Konten ASMR sangat marak di media sosial dalam beberapa tahun belakangan. Mulai dari Youtube hingga Instagram. ASMR menjadi tren tak bisa dipungkiri. Tak bisa dipungkiri bahwa video-video ASMR memiliki banyak penikmat di dunia maya. Simak beberapa video ASMR berikut. Barangkali bisa membantu Anda rileks.

Video ini sudah ditonton lebih dari 20 juta penonton dan disukai oleh 97 ribu orang. Kontennya sangat sederhana, seorang perempuan yang berbicara di depan kamera dengan suara hampir seperti berbisik. Selain berbisik, dia juga melakukan banyak hal random seperti menyisir rambut, yang menghasilkan suara-suara menenangkan.

Selanjutnya adalah video ASMR mengunyah makanan. Yang satu ini biasa disebut mukbang. Mukbang berasal dari bahasa Korea yang berasal dari kata muk-ja yaitu makan, dan bang-song yaitu siaran. Jadi, mukbang adalah siaran makan. Terlihat seorang wanita korea bernama Shugi memakan makanan dengan porsi yang besar. Suara dia mengunyah terdengar begitu jelas.

Kalau yang ini berbeda lagi. ASMR jenis ini ditimbulkan dari memotong-motong sabun. Video berdurasi 1 jam 3 menit di atas memperlihatkan video-video memotong sabun tanpa ada orang berbicara sedikit pun. Sabun yang dipotong adalah sabun batangan. Sabun tersebut dipotong dengan berbagai cara menggunakan cutter. Video memotong sabun ini membuat penonton yang melihat merasa puas dan rileks.

Yang satu ini adalah ASMR yang ditimbulkan dari suara pena yang digesekkan di atas kertas. Suara gesekan pena dengan kertas dari orang menulis ternyata juga bisa mendatangkan perasaan rileks dan dapat membantu tidur lebih cepat. Video di atas ditonton hampir 4 juta penonton dan mendapat 57 ribu like. (*)

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top