Diawali Bersih - Bersih Sungai, Pemkab Jombang Kembalikan Fungsi Sungai untuk Keperluan Masyarakat

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab Saat Membuka Acara Resik Kali di Sungai Gude Ploso. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab Saat Membuka Acara Resik Kali di Sungai Gude Ploso. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

JATIMTIMES, JOMBANG – Demi mengembalikan fungsi sungai agar kembali bersih, Pemerintah Kabupaten Jombang menggelar Aksi Resik Kali di Sungai Gude Ploso, Jl Raya Tembelang, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, Sabtu (6/10) pukul 07.00 WIB.

Kegiatan bersih-bersih sungai tersebut, secara langsung dibuka oleh Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab, dengan didampingi oleh Wakil Bupati Jombang, Sumrambah, dan seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Jombang, serta Pimpinan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda).

Aksi Resik Kali di Sungai Gude Ploso itu, dikatakan oleh Bupati Jombang sebagai upaya Pemkab Jombang dalam mengembalikan fungsi sungai.

Wakil Bupati Jombang, Sumrambah Saat Membersihkan Sungai Gude Ploso di Acara Resik Kali Yang Dilakukan Pemkab Jombang.

"Agar supaya fungsi sungai itu adalah betul-betul bisa bermanfaat, baik itu untuk pertanian maupun untuk masyarakat itu sendiri yang membutuhkan air. Jadi, ini kita ciptakan sungai yang bersih," jelas Hj Mundjidah Wahab saat diwawancarai.

Tidak hanya itu, kegiatan bersih sungai tersebut, juga sebagai upaya pemerintah dalam memberikan penyadaran ke masyarakat mengenai larangan pembuangan sampah ke sungai.

"Tidak hanya bersih ini saja. Tapi kita lakukan ini, untuk memberikan contoh awal kepada masyarakat, untuk agar supaya masyarakat tidak membuang sampah ke sungai," ujar Bupati Jombang.

Sedangkan, selain membersihkan sungai, Pemkab Jombang juga berencana akan mempercantik sungai Gude Ploso dengan membangun taman di sepanjang bantaran sungai.

"Kita nanti kedepannya bekerjasama dengan pelaku usaha, dengan perbankan, untuk membuat taman di pinggir sungai menghadap jalan. Biar untuk mempercantik kota dan agar sungai tidak terlihat dari jalan," tutur Bupati Jombang.

Sementara, dalam acara tersebut, turut melibatkan semua elemen masyarakat. Mulai dari warga sekitar sungai, hingga relawan.

Seperti Santri Jogo Kali, yang konsen dalam kegiatan pelestarian sungai.

Pada pelaksanaan bersih-bersih itu, tampak Wakil Bupati Jombang turut turun langsung ke sungai bersama pimpinan SKPD dan Forpimda beserta warga dan relawan untuk membersihkan sampah yang ada di sungai Gude Ploso.(adv/diskominfo)

Pewarta : Adi Rosul
Editor : Heryanto
Publisher : Super Administrator
Sumber : Jombang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top