Angkat Potensi Pariwisata di Selamatan Desa

Santunan Anak Yatim dalam acara Selamatan Desa Penanggal. (Foto: Pawitra/JatimTIMES)
Santunan Anak Yatim dalam acara Selamatan Desa Penanggal. (Foto: Pawitra/JatimTIMES)

JATIMTIMES, LUMAJANG – Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang semakin menunjukkan geliatnya dalam berbagai kegiatan. Tak hanya konsisten dalam mengembangkan sektor budaya dan pariwisatanya, tapi juga dalam kegiatan religi dan sosial kemasyarakatan.

Hal ini terlihat saat Pemerintah Desa Penanggal menggelar Pengajian, Istighotsah dan Santunan Anak Yatim di Balai Desa Penanggal, Sabtu (6/10/2018).

"Alhamdulillah pada acara ini kami atas nama seluruh Warga Desa Penanggal memberikan santunan kepada 40 anak yatim piatu. Acara ini sendiri merupakan bagian dari rangkaian Selamatan Desa Penanggal," ungkap Cikono, S.H., Kepala Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro.

Sebelumnya pada awal bulan Suro kemarin, Desa Penanggal juga menggelar acara Ruwat Air di sumber mata air Tirtosari View, Penanggal. Tak hanya itu, Desa Penanggal juga mengadakan pagelaran reog untuk menghibur warga sekaligus melestarikan budaya Nusantara.

Di sini terlihat jelas harmonisasi antara seni, budaya, wisata dan unsur religi di desa yang terletak di lereng tenggara Gunung Semeru ini.

"Pengajian dan istighotsah ini bertujuan untuk berdoa bersama demi kesejahteraan dan keselamatan seluruh warga," tambah Kades yang terkenal ramah ini.

Di banyak desa di Jawa, acara menyambut datangnya bulan Suro (1 Muharram) memang selalu disambut meriah. Dengan digelarnya acara-acara besar seperti ini, potensi budaya dan pariwisata di daerah ikut terangkat.

Pemerintah Desa Penanggal juga cukup cerdas dengan memanfaatkan media sosial secara efektif, eksistensi mereka di media sosial turut membantu promosi wisata di daerahnya. Tak heran jika di beberapa kegiatan, cukup banyak masyarakat yang sengaja datang dari luar desa, bahkan dari luar Kecamatan Candipuro.

Pewarta : Pawitra Huda Pradana
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Lumajang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top