Disorot Dewan, RSUD dr.Iskak Berencana Tambah Alat Cuci Darah

ilustrasi cuci darah
ilustrasi cuci darah

JATIMTIMES, TULUNGAGUNG – Banyaknya antrean pasien cuci darah di RSUD dr. Iskak mendapat sorotan dari DPRD Kabupaten Tulungagung. Dalam pandangan akhir Fraksi pada Rapat Paripurna beberapa waktu lalu, Subani Sirap, Anggota Fraksi Hanura mengungkapkan hal itu.

“Banyak pasien yang menginginkan cuci darah di RSUD dr Iskak, namun tidak terlayani karena kurangnya alat untuk cuci darah,” ujar Subani Sirap.

Menanggapi pernyataan dari Subani Sirap, Direktur RSUD dr. Iskak, melalui Humasnya Muhammad Rifa’i tidak menampik hal itu. Alat cuci darah di rumah sakit berplat merah itu memang kurang. “Memang alat cuci darah kita terbatas, saat ini ada 20 alat cuci darah,” ujar priayang akrab disapa Rifa’i itu.

20 alat itu mampu untuk melayani 60 pasien setiap harinya. Awalnya tidak dengan 20 alat itu seluruh pasien bisa terlayani. Namun jumlah itu dirasa semakin kurang lantaran semakin bertambahnya jumlah pasien yang ingin melakukan cuci darah di RSUD dr. Iskak.

“Setiap hari ada saja masyarakat sakit yang memerlukan bantuan cuci darah di RS ini, namun karena keterbatasan alat kita tidak bisa mencover (melayani ) semua,” terang Rifa’i.

Hingga hari ini sudah sekitar 200 pasien yang mengajukan cuci darah di tempatnya, namun lantaran keterbatasan alat, sebagian dari pasien itu melakukan cuci darah di luar kota.

Untuk meningkatkan pelayanan cuci darah, tahun depan pihaknya berencana menambah alat cuci darah menjai 35. Saat ini suda dilakukan renovasi ruangan untuk meletakan alat tersebut.

“Kita pastikan di tahun 2019 kita sudah mempunyai 35 mesin cuci darah,” kata pria ramah itu.

Durasi cuci darah mencapai 4-5 jam sekali cuci darah. Satu alat, setiap hari digunakan untuk 3 kali cuci darah. Dengan 20 alat setiap harinya ada 60 pasien yang terlayani cuci darah.

Pihaknya juga menyediakan 1 alat cuci darah untuk keperluan darurat, diluar 20 alat yang ada.

Pewarta : Joko Pramono
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Tulungagung TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top