Cara Mudah Hindari Stres, Yuk Simak Solusinya

Ilustrasi.(Foto : kesehatantubuhku.com)
Ilustrasi.(Foto : kesehatantubuhku.com)

JATIMTIMES, BLITAR – Menjalani rutinitas kehidupan memang sangat rentan menimbulkan ketidakstabilan otak ketika mengontrol kondisi tubuh di setiap hari. Persoalan itu muncul bisa disebabkan masalah dalam rumah tangga, pekerjaan, pertemanan maupun asmara.

Ada orang yang bisa mengatasi masalah tersebut. Namun ada juga yang  sebaliknya sehingga mengalami stres. Jika Anda termasuk seseorang yang belum bisa mengendalikan stres, berikut ada lima cara menghilangkan stres dengan cepat dan mudah menurut dr Hadi Siswoyo Pandie.

"Ada lima cara yang bisa membuat stres seseorang. Ada relaksasi, cukup minum air putih, tidur yang cukup atau jangan sampai terlarut, rajin olahraga dan coba makan makanan yang bisa hilangkan stres," katanya saat dikonfirmasi BLITARTIMES di lokasi tempat praktiknya di Jalan Kelapa Gading, Kelurahan Rembang, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Senin  (08/10/2018).

Rinciannya terkait relaksasi, kata dia, stres adalah ketegangan atau kekacauan mental dan emosional. Teknik relaksasi bermanfaat untuk mengurangi ketegangan mental dan emosional tersebut. Teknik relaksasi yang dapat dicoba antara lain bernapas dalam-dalam. Maksudnya, tarik napas dalam-dalam. Lalu sambil menurunkan bahu, keluarkan napas tersebut perlahan-lahan dari mulut Anda. Ulangi teknik ini 10-20 kali.

- Kemudian, mendengarkan musik. Putar lagu dengan tempo tenang atau lagu favorit Anda. Sebuah penelitian terkait menunjukkan bahwa musik dapat mengurangi stres dan kecemasan.

- Selain itu, ada pijat mandiri, yakni dengan cara pemijatan ringan pada bahu, leher, dan jari-jari tangan Anda. Pijatan ini dapat menurunkan ketegangan pada otot-otot bagian tubuh tersebut.

- Selanjutnya meditasi. Ini dilakukan dengan duduk bersila, tutup mata, dan fokuskan pikiran pada hal-hal yang membuat rileks (misalnya susana pegunungan dengan air terjun, pagi hari yang tenang, atau tempat wisata favorit Anda). Coba dilakukan 5 hingga 10 menit. Kemudian, solusi selanjutnya adalah Minum Air Putih dengan cukup.

Saat seseorang stres, sambungnya, orang umumnya sering lupa meminum air putih. Karena itu, menurut berbagai penelitian, kekurangan carian tubuh setengah liter dari kebutuhan air setiap hari (yaitu 2 liter) dapat meningkatkan kadar kortisol. Oleh karena itu, minum air putih yang cukup saat mengalami stres. Selain menekan kadar kortisol, air putih juga dapat membantu seseorang berkonsentrasi dan terhindar dari dehidrasi.

Solusi ketiga, tidur yang cukup. Stres bisa membuat seseorang berpikir segala macam. Akibatnya, otak menjadi lelah. Untuk itu, dibutuhkan istirahat yang cukup dengan durasi 7 sampai 8 jam setiap harinya. Istirahat terbaik adalah dengan tidur.

Namun, orang yang stres akan sulit tidur malam. Trik yang dapat dilakukan bagi mereka yang sedang stress adalah : Menjauhkan aktivitas sementara dalam menggunakan media seluler. Kemudian menghindari minum kopi dan merokok. Terakhir, saat tidur, lampu kamar supaya dimatikan.

Berikutnya rajin olahraga. Olahraga dapat menjadi penghilang stres yang manjur. Mengapa? Selain melupakan sejenak masalah yang sedang dialami, saat olahraga tubuh seseorang akan melepaskan hormon endorfin yang menimbulkan rasa bahagia. Olahraga apa yang mesti dilakukan? Sebaiknya olahraga yang menjadi favorit Anda. Namun, jika tidak punya ide olahraga apa yang akan dilakukan, seseorang bisa mencoba olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda keliling kompleks perumahan, atau melakukan yoga.

Terakhir, mengonsumsi makanan penghilang stres. Cara menghilangkan stres dengan cara ini adalah dengan mengonsumsi makanan penghilang stres.Jenis makanan ini di antaranya Ikan salmon. Kandungan di dalam ikan salmon kaya akan omega 3 yang mampu mengurangi hormon kortisol.

Lalu buah blueberry yang mengandung antioksidan dan fitonutrien yang berfungsi melawan radikal bebas yang berkaitan dengan stres.

Kemudian ada outmeal. Dia memiliki karbohidrat kompleks yang dapat membantu otak seseorang memproduksi serotonin yaitu neurotransmiter yang berkontribusi pada perasaan bahagia.

Selanjutnya mengonsumsi sawi dan bayam. Sayuran ini kaya akan folat. Folat ini akan menghasilkan dopamin, senyawa kimia yang merangsang rasa bahagia di otak anda.

"Paling ampuh dengan memperbanyak baca Alquran dan salat malam (salat tahajjud/qiyamul lail) bagi yang muslim. Saya rasa itu resep yang sangat mujarab biar gak stress," tukas dokter Faskes BPJS Kota Blitar ini. (*)?

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : A Yahya
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top