Melalui Program Penciptaan Wirausaha Baru, Pemkab Blitar Optimis Bisa Perkuat Ekonomi Masyarakat

Disnaker Pemkab Blitar komitmen perkuat ekonomi rakyat.(Foto : Team BlitarTIMES)
Disnaker Pemkab Blitar komitmen perkuat ekonomi rakyat.(Foto : Team BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemerintah Kabupaten Blitar yakin bisa menekan angka kemisikinan sekaligus memperkuat ekonomi rakyat di Kabupaten Blitar.Untuk mewujudkan langkah pemerintah tersebut, Disnaker Kabupaten Blitar menjalankan program penciptaan wirausaha baru dengan basis produk ekonomi mikro.

"Setiap tahun program ini kita jalankan. Jadi masyarakat kita beri teori dan pembekalan terkait kewirausahaan yang berorientasi memproduksi sesuatu. Dimana outputnya nanti adalah mereka bisa mandiri dalam berwirausaha yang berdampak pada tambah kuatnya ekonomi masyarakat tersebut," jelas Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar, Haris Susianto, kepada BLITARTIMES, Selasa (09/10/2018).

Program penciptaan wirausaha baru, lanjut dia, merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, dalam rangka membangun kemandirian bangsa secara ekonomi melalui kewirausahaan.

"Masyarakat yang kita berdayakan ini juga disebut Tenaga Kerja Mandiri (TKM). Karena sesuai rencana kan mereka akan jadi wirausaha yang mandiri. Nah, maksud kami secara tidak langsung, program ini sangat membantu pemerintah Kabupaten Blitar untuk pengentasan kemiskinan juga," katanya.

Terkait produk dan bidang usaha yang dihasilkan para TKM,  kata Haris, bisa berupa kuliner, home industri, budidaya ikan, tata rias, pengelasan, hingga percetakan batu batako. "Melihat kompetensi bidang yang dikuasai mereka itu, macamnya itu tadi," tambahnya.

Disnaker sendiri ketika berupaya mensukseskan program pemerintah itu tidak sendirian, melainkan berdampingan dengan petugas khusus menangani TKM dari Kementerian Ketenagakerjaan.

"Ada petugas dari kementerian juga yang ditugaskan di Kabupaten Blitar membantu kami melaksanakan program ini," ujarnya.

Terpisah, Faisal Nur Rachman petugas khusus TKM dari Kementerian Ketenagakerjaan mengatakan, perihal penugasannya di Kabupaten Blitar untuk mendampingi dan mengawasi kelompok TKM yang ada di Kabupaten Blitar.

"Idealnya saya bertugas di Kabupaten Blitar ini sebagai mediator dan fasilitator untuk TKM disini. Kami dari pusat siap membantu apa yang menjadi harapan kita bersama menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat," tandasnya.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top