Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Suara Warga

2020 Desa Kunir Kidul Diharapkan Menjadi Desa Wisata Edukasi UMKM

Penulis : Moch. R. Abdul Fatah - Editor : Heryanto

15 - Oct - 2018, 16:13

Placeholder
Tumpeng tahu pada Festival Tahu tahun 2017 lalu (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Dua tahun lagi, desa Kunir Kidul Kecamatan Kunir Lumajang diharapkan menjadi Desa Wisata Edukasi UMKM di Lumajang. Target ini didasarkan pada potensi ekonomi desa ini, yang sebagian diantaranya berbasis UKM dengan produksi tahu dan tempe, disamping jenis usaha lainnya.

Anggota DPRD Lumajang, Zainal Abidin yang ikut melakukan pendampingan di desa ini mengatakan, di desa ini ada 189 KK yang selama ini bergerak pada usaha tahu dan tempe. Sedangkan pemasaran produksi dari usaha rumahan tahu dan tempe ini sudah menyebar ke berbagai tempat di Lumajang.

"Setiap hari desa ini membutuhkan 5 ton kedelai dengan kualitas yang bagus. 3,5 ton diantaranya untuk produksi tahu, sedangkan sisanya untuk produksi tempe," jelas Zainal Abidin.

Zainal memastikan produk tahu dari Kunir Kidul ini sangat baik dan tanpa bahan pengawet. Lebih gurih dan sehat karena seluruh bahannya menggunakan bahan pilihan, termasuk kedelainya, yang tetap menggunakan kedelai terbaik, walaupun harus import.

"Yang kita usahakan kedepan adalah masyarakat bisa meningkatkan kemampuannya untuk menghasilkan produk turunan dari tahu dan tempe. Misalnya keripik tahu atau tempe. Kita sudah lakukan pelatihan, target kita secepatnya sudah ada produk turunan dari produk pokok tahu dan tempe tersebut, sehingga tumbuh usaha tambahan bagi masyarakat setempat," jelas Zainal Abidin.

Selain usaha tahu dan tempe, di desa ini juga ada perajin batik, pande besi yang sangat terkenal dengan sebuta Empu Sanibin. 

"Kalau secara keseluruhan ada 189 KK yang produksi tahu dan tempe, 80 sebagai perajin anyaman bambu, 20 pande besi dan juga batik. Inilah yang kemudian akan kita kemas menjadi wisata edukasi UMKM di Lumajang," papar Zainal Abidin kemudian.

Untuk semakin memperkenalkan tahu dan tempe dari desa ini pada tanggal 27 dan 28 Oktober mendatang akan diselenggarakan Festival Tahu ke 2, yakni makan tahu gratis dan pembuatan tumpeng tahu setinggi 5 meter yang disusun dari 10.720 tahu.

"Ini mungkin tumpeng tahu tertinggi yang bisa diarak warga pada puncak acara. Karenanya pada acara ini, kami juga akan mengemas dengan pendekatan wisata edukasi UMKM di Lumajang," pungkas Zainal Abidin, yang juga anggota DPRD Lumajang dari PDI Perjuangan.


Topik

Suara Warga Dua-tahun-lagi-desa-Kunir-Kidul-Kecamatan-Kunir-Lumajang menjadi-Desa-Wisata-Edukasi-UMKM-di-Lumajang meningkatkan-kemampuannya-untuk-menghasilkan-produk-turunan-dari-tahu-dan-tempe Anggota-DPRD-Lumajang Zainal-Abidin



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moch. R. Abdul Fatah

Editor

Heryanto