Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Indonesia Pusat Ternak Buaya di Dunia, Ini Daerah-Daerah Sentra Penangkarannya

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Yunan Helmy

16 - Oct - 2018, 11:36

Placeholder
Screenshot Video (youtube : Official NET News)

Siapa pun tahu buaya itu binatang melata yang sangat buas dan berbahaya. Meski begitu, tidak sedikit yang beternak buaya dalam jumlah besar.

Dan, inilah daerah di Indonesia yang menjadi sentra penangkaran buaya. Bahkan, yang di Medan disebut-sebut sebagai tempat penangkaran buaya terbesar di dunia.

1. Balikpapan

Video : JEBREEETEAM HAMPIR MENJADI SANTAPAN BUAYA PENANGKARAN DI BALIKPAPAN

Penangkaran buaya di Balikpapan tepatnya berada di Kelurahan Tritip KM 28. Penangkaran ini memiliki kurang lebih 1.000 buaya, baik yang ukuran kecil ataupun besar. 

Dengan membayar tiket masuk, pengunjung dapat menelusuri lorong dan menyaksikan buaya di dalam ruang-ruang yang sudah diberi pengaman. 

2. Medan

Video : Penangkaran Buaya Terbesar Di Asia

Namanya Taman Buaya Asam Kumbang Medan. Tempat ini dibangun mulai tahun 1958 di lahan sebesar 2 hektare. Pernah disebut sebagai tempat penangkaran buaya terbesar di dunia.

Di situ pengunjung dapat berkeliling dan melihat buaya yang ada di dalam ruangan khusus sesuai dengan usianya. Tak hanya itu. Pengunjung juga dapat memberi makan buaya dengan bebek atau ayam hidup yang dijual di area tersebut. 

3. Subang

Video : NET12 - Penangkaran buaya muara penguasa rawa

Penangkaran buaya ini berada di Blanakan, Subang, Jawa Barat. Berdiri sejak tahun 1988, tempat ini khusus untuk memelihara dan mengembangbiakkan buaya muara. 

Di dalamnya sudah dihuni sekitar 406 ekor buaya dan 326 di antaranya adalah buaya dewasa. Buaya muara sendiri adalah jenis spesies terbesar yang memiliki panjang bisa sampai 12 meter. 

4. Pandeglang

Video : PENANGKARAN BUAYA DI DESA MURUY PANDEGLANG BANTEN

Penangkaran buaya ini terletak di Desa Muruy, Pandeglang, Banten, Jawa Barat. Di area tersebut terlihat cukup luas untuk ukuran penangkaran buaya, karena terletak di sekitar lahan yang masih hijau. Pengunjung dapat menyaksikan buaya dari luar pagar yang sudah dijadikan pembatas oleh pengelola. (*)


Topik

Peristiwa Ternak-Buaya pusat-ternak-buaya daerah-penangkaran-buaya peterbakan-buaya-terbesar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Yunan Helmy