Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Bertani Ternologi Pertanian Hidroponik Instalasi Bambu Percantik Rumah

Penulis : Irsya Richa - Editor : Yunan Helmy

18 - Oct - 2018, 17:32

Placeholder
Anwar sangat mengecek tanaman hidroponuk instalasi bambu di area Kontes, Bursa Bonsai dan Tanaman Hias, Batu Panorama Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

Hidroponik instalasi bambu bisa menjadi referensi untuk mempercantik rumah kalian. Model hidroponik ini memang tidak seperti pada umumnya, karena kebanyakan menggunakan pipa atau botol plastik bekas. Untuk model hidroponik menggunakan kayu bambu dari segi fungsi dan estetika sangat bagus diterapkan di rumah kalian. 

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Muhammad Anwar, Founder Batu Hidroponik menjelaskan, kebanyakan hidroponik yang biasa ditemui menggunakan bahan pipa. Tetapi untuk memanfaatkan estetikanya bisa memanfaatkan bahan yang ada di lingkungan.

“Kalau selama ini hidropinik selalu menggunakan bahan pipa. Padahal nggak harus pipa, yang sifatnya hampir sama juga bisa seperti bambu ini,” ujar Anwar, Kamis (18/10/2018).

Untuk menggunakan bahan bambu ini cukup mudah, karena dapat dicari di sekitar lingkungan, dan harganya juga lebih terjangkau. “Kalau bambunya ada di sekitar rumah gak perlu juga-kan buat mengeluarkan uang. Sesuatu yang murah punya fungsi dan estetika mudah dicari dan rumah terlihat seger,” imbuhnya saat ditemui di Kontes, Bursa Bonsai dan Tanaman Hias. 

Hanya saja saat proses pembuatan lubang untuk sayur, karena tekstur ketebalan bambu lebih tebal harus ekstra tenaga. “Kalau dibandingkan dengan pipa lebih tipis jadi lebih mudah ngasih lubangnya. Sedangkan bambu ini tebel jadi harus ekstra tenaganya,” kata warga Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu ini. 

Setelah melubangi bambu itu lanjut Anwar, untuk finishing bisa dilakukan dengan pernis atau varnish agar hasil lapisan bambu itu mengkilap dan tertutup sempurna.

Dengan demikian sistem teknis pertanian ini memiliki fungsi dan estetika yang lengkap di area rumah. Lalu kelebihan bertanam hidroponik dapat memaksimalkan lahan terbatas karena tidak membutuhkan lahan yang banyak. Bahkan, media tanaman bisa dibuat secara bertingkat.


Topik

Pemerintahan berita-malang Cadangan-Beras-927-Ton-Per-Tahun Komitmen-Anggaran-Wajib-Dijaga



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Yunan Helmy