Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Serunya Lomba Futsal Sarungan Peringati Hari Santri di Kota Blitar

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

21 - Oct - 2018, 16:59

Placeholder
Tendangan Kapolres Blitar Kota membuka gelaran lomba futsal bersarung Kapolres Blitar Kota Cup.(Foto : Ist)

Ratusan remaja memadati lapangan futsal di Jalan Soekarno Hatta, Kota Blitar, Minggu (21/10/2018). Kedatangan para remaja ini untuk menyaksikan perlombaan futsal. Menariknya, para pemain futsal menggunakan sarung dan songkok layaknya anak santri.

Lomba futsal bertajuk Kapolres Blitar Kota Cup ini digelar dalam rangka memperingati hari santri yang jatuh pada 22 Oktober 2018. Lomba futsal dibuka langsung oleh Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar.

Ada sebanyak 52 tim futsal anak-anak yang bersaing dalam kompetisi ini. Mereka berasal dari perwakilan Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Blitar. Selain diharuskan menggunakan sarung, dalam lomba futsal kali ini para pemain berjumlah tujuh orang termasuk kiper. Sedangkan pemain cadangannya ada tiga anak. Waktu bermainnya hanya lima menit kali dua babak.

Anak-anak terlihat gembira bermain futsal. Begitu wasit meniup peluit tanda permainan dimulai, mereka langsung berlari berebut bola. Mereka berlarian mengejar bola dengan mengenakan sarung. "Rasanya kurang bebas berlari karena memakai sarung, tapi malah asyik dan seru," kata Ardian Santoso, salah satu peserta lomba futsal.

Panitia lomba futsal, Sulton Fauzi mengatakan lomba futsal mengenakan sarung untuk anak-anak sudah yang kedua kalinya. Tahun lalu (2017), Remaja Masjid Kota Blitar juga menyelenggarakan lomba futsal. Acara itu diadakan untuk memperingati Hari Santri. "Tahun lalu kami selenggarakan mandiri, kalau tahun ini memperebutkan piala Kapolres Blitar Kota," ujar Sulton Fauzi.

Dikatakan, panitia memang membuat aturan khusus dalam lomba futsal kali ini. Para peserta lomba futsal harus mengenakan sarung saat bermain. Peserta juga tidak boleh memakai sepatu saat bertanding. "Kenapa harus memakai sarung? Karena sarung menjadi identitas para santri," tegasnya.

Acara lomba futsal ini, kata Fauzi sebagai sarana mengenalkan anak-anak dengan Hari Santri. Selain itu, acara itu juga sebagai ajang silaturahmi antara pengurus TPA maupun MI di Kota Blitar.

"Lomba futsal anak-anak ini merupakan rangkaian memeriahkan Hari Santri. Kemarin (Sabtu), kami mengadakan kirab, hari ini baru lomba-lombanya. Selain futsal juga ada mewarna untuk anak PAUD dan TK, lomba hymne TPA, dan lomba voli putri yang diikuti para ustadzah-nya," katanya.

 


Topik

Olahraga blitar berita-blitar futsal Kapolres-Blitar-Kota-Cup hari-santri Kapolres-Blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya