Kabupaten Malang Miliki 23 Karakter Pantai Unik, Tak Ada Duanya di Indonesia

23 Pantai di kabupaten malang
23 Pantai di kabupaten malang

JATIMTIMES, MALANG – Jika suatu saat nanti ada keluarga atau teman kalian ingin mengajak untuk rekreasi ke pantai, kemanakah kalian akan menjawab? Eeiittss, sebelum menjawabnya, kalian harus tahu dulu nama, tempat, karakter dan kelebihan dari pantai itu sendiri. 

Ingin punya referensi? Coba deh simak ulasan MalangTIMES tentang keindahan pantai di Kabupaten Malang yang mungkin belum kamu ketahui. 

1. Pantai dengan Air Terjun Tawar

Pantai Banyu Anjlok (@ardy_wiendarto)

Dimana lagi kalian akan mencari pantai dengan Air Terjun Tawar. Ya, Pantai Banyu Anjlok adalah solusi tepatnya.

Terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini menyajikan pemandangan yang tidak dimiliki pantai lainnya. 

Akan tetapi jangan salah, Pantai Banyu Anjlok besebelahan dengan Pantai Lenggoksono.

Jadi jika kalian sudah sampai di pertigaan jalan ke arah Pantai Lenggoksono dan Pantai Banyu Anjlok, di situ ada pos informasi yang akan memberi tahu arah dan jalan menuju tempat yang akan dituju. 

Ada tiga alternatif yang bisa Anda gunakan untuk sampai ke Pantai Banyu Anjlok.

Pertama jalan kaki dengan jarak tempuh perjalanan satu jam, sangat cocok bagi yang suka berpetualang atau olahraga.

Kedua dengan ojek warga sekitar. Dengan membayar Rp 25.000 Anda sudah bisa sampai di tujuan tanpa harus lelah berjalan.

Terakhir adalah dengan naik perahu dari Pantai Lenggoksono, karena Pantai Banyu Anjlok tidak bisa dijangkau dengan mobil.

Harga yang tawarkan pun cukup murah, per kepala hanya di tarif sebesar Rp. 50.000 hingga sampai di Banyu Anjlok. 

Sesampainya di Pantai Banyu Anjlok Anda hanya perlu menyiapkan dana untuk tiket masuk sebesar Rp. 5000 dan parkir kendaraan Rp. 5000. Di sana Anda sudah bisa menikmati semua yang ada. 

Seperti Air Terjun yang langsung bertemu dengan ombak laut. Sebuah pemandangan yang cukup jarang ditemui di pantai manapun.

Kemudian kalian bisa menemukan Goa Sarang Dompet di area sekitarnya. Lalu untuk yang hobi memancing, kalian bisa lakukan karena disitu memiliki biota laut yang bisa dipancing. Terakhir, jika kalian ingin bermalam warga sekitar memiliki fasilitas homestay. 

2.  Pantai Berpasir Hitam Lembut

Pantai Licin (@zamsyafii)

Setiap pantai pasti memiliki pasir, namun Pantai Licin sangat berbeda dengan lainnya, karena memiliki warna hitam dengan karakter halus. 

Pantai Licin terletak di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang ini tidak jauh dari Patung Pramuka karena dulunya daerah sini sering digunakan untuk Jambore Pramuka Tingkat Internasional.

Dan pesan MalangTIMES, berhati-hatilah saat melakukan perjalanan kesana, karena rute yang harus dilewati cukup berat, dengan tanjakan juga tikungan curam. Dan juga dikiri kanan adalah tebing jurang. Siap-siap ya jika kesana!

Bila berkunjung ke Pantai Licin, anda bisa menemukan 12 keindahan yang akan memanjakan mata dan hati saat hari libur. 

(1) Pasirnya Berwarna Hitam 
(2) Habitat Pantai Dengan Biota Cantik
(3) Batu Karang Yang Cukup Banyak
(4) Pantai Dengan Lengkung Teluk Yang Indah
(5) Memiliki Terowongan Menuju Laut Selatan
(6) Batu Karang Yang Terbelah (Spot Foto Yang Instagramable) 
(7) Tebing Pantai Yang Eksotis
(8) Air Laut Yang Bening
(9) Ombak Yang Ramah
(10) Sepinya Pantai, Serasa Dunia Milik Sendiri
(11) Banyak Spot Untuk Memanjakan Mata Lensa Kamera
(12) Dikenal Dengan Pantai Yang Unik Juga Instagenik

Tak perlu khawatir, disana masih bebas biaya alias gratis. Hanya memerlukan biaya untuk parkir selama anda menikmati pemandangan pantai. 

3.  Pantai yang Airnya Setenang Kolam

Pantai Banyu Meneng (@endinafautma)

Dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan. Ya, Pantai Banyu Meneng berasal dari bahasa Jawa yang berarti "Air Diam".

Memang, di sana gelombang airnya setenang kolam yang ada di perkotaan, sangat kontras dengan ombak laut selatan yang cukup eksotis. 

Akan tetapi hal tersebut adalah keunikan tersendiri bagi Pantai Banyu Meneng untuk menjadi pilihan utama traveller. 

Pantai Banyu Meneng terletak di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Untuk tiket masuk, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 10.000 per orang dan diharga yang sama untuk parkir kendaraan. 

Beberapa hal yang sangat menarik disana yang bisa kalian menikmati adalah ombaknya yang sangat tenang, garis pantai yang tidak terlalu panjang dan di sampingnya terdapat hutan, pasir yang berwarna putih bersih, tempat yang sangat cocok untuk melihat sunrise dan juga tempat untuk camping yang recomended. 

4.  Pantai yang di Lautnya Memiliki Pura

Pantai Balekambang (@wak_kajiii)

Siapa yang tidak tahu Pantai Balekambang, pantai dengan sejuta cerita rakyat dan memiliki Pura di lautnya. 

Pantai Balekambang terletak di pesisir selatan tepi Samudera Indonesia yang secara administratif masuk wilayah Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. 

Sejak tahun 1985 Pantai Balekambang menjadi andalan Kabupaten Malang di sektor wisatanya. 

Daya tarik Pantai Balekambang tak perlu dikhawatirkan lagi, panorama alam yang indah dan gelombang ombak sejauh dua kilometer menjadi fokusnya. 

Selain itu, seiring dengan pembenahan agar tidak ketinggalan dari pantai baru lain, fasilitas seperti flying fox, permainan untuk anak-anak dan juga persewaan ATV untuk menyusuri bibir pantai. 

Tak hanya itu, Pantai Balekambang sangat terkenal dengan wisata religinya. Dimana pada hari tertentu akan ada ratusan hingga ribuan orang untuk melakukan ritual. 

Bagi umat Islam, biasanya akan berziarah ke makam Syaikh Abdul Jalil atau orang yang pertama kali membabat Pantai Balekambang. 

Tak hanya umat Islam, umat Hindu pun juga menjadikan pantai ini sebagai tempat ibadah mereka setiap tahun sekali, yaitu pada Hari Raya Nyepi. 

5. Pantai yang Berada di Dalam Pulau

Segara anakan, anekatempatwisata.com

Pantai yang ada di Dalam Pulau, jelas itu hanya milik Segara Anakan yang terletak di dalam Pulau Sempu.

Berada di wilayah Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang, Pantai Segara Anakan menjadikan tempat yang paling menawan dan tersembunyi jauh di lingkar hutan tropis. 

Ketika di tempat penurunan, anda harus melewati hutan sejauh 2 hingga 3 kilometer sebelum tiba di Pantai Segara Anakan. 

Pulau ini menyembunyikan keindahan pantai dengan suasana yang masih menyatu dengan alam bebas. Di sana traveller dapat menikmati jernihnya air dengan perpaduan warna biru dan hijau. 

Suasana alam dan hembusan angin yang sejuk membuat anda seperti berada di dunia ini sendirian.

Tapi anda juga akan dikagetkan dengan masih adanta monyet dan lutung jawa yang sesekali akan turun untuk mencari makan, namun tidak perlu takut, mereka akan menambah suasana alam yang asri. 

6.  Pantai yang Dikelilingi Pulau

Pantai Teluk Asmara (@antsgaml)

Terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang, Pantai Teluk Asmara keindahannya bisa dikatakan menyerupai Raja Ampat, dimana lokasinya yang dikelilingi pulau menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. 

Tak hanya itu, Pantai Teluk Asmara bisa dijadikan tempat untuk berkemah, karena suasananya yang sangat nyaman untuk menghabiskan waktu. 

Bagi yang suka berenang pantai ini cukup recomended, karena airnya yang jernih membuat kita akan dimanjakan dan tak ingin usai berenang disana. 

7.  Pantai yang Langsung Terhubung dengan Sungai

Pantai Regent lihat.co.id

Tiga pantai dibawah adalah pantai yang aksesnya langsung terhubung dengan sungai. Dimana air sungai akan bertemu langsung dengan air laut. Sebuah pemandangan yang cukup indah bila kita berada disana. 

Pertama adalah Pantai Regent yang terletak tepat di sebelah Pantai Balekambang atau beralamatkan di Dusun Sumber Jambe, Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. 

Memiliki garis pantai yang panjang, tempat ini menghadirkan nuansa permai yang layak dikagumi. Betapa tidak, pasir putih nan halus terhampar lapang tidak ada yang menghalangi kecuali bebatuan karang berselimut kehijauan. 

Hal menarik lain dari Pantai Regent yakni Kondang Buntung dan juga wisata religi Sumur Pitu. 

Tak perlu mahal, masuk Pantai Regent hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 15.000 per orang sudah bisa menikmati sajian alam yang ditawarkan. 

Kedua ada Pantai Kondang Merak, sebuah pantai yang terletak di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. 

Sebuah pantai dengan hamparan bibir pantai sepanjang kurang lebih 800 meter dan ombak yang tidak terlalu besar karena terhalang oleh batu karang menjulang tinggi. 

Disana dengan membayar tiket sebesar Rp. 5.000 anda bisa menikmati keindahan alam dari Pantai Kondang Merak. 

Tak hanya itu, berjajarnya hasil tangkapan ikan dari nelayan bisa anda nikmati di warung yang terletak di area pantai.

Untuk oleh-oleh, anda bisa membeli Tuna Sirip Kuning yang menjadi idola bagi wisatawan saat berkunjung. 

Terakhir adalah Pantai Ungapan yang terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. 

Ungapan sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya muara sungai atau pertemuan antara sungai dan laut.

Dengan tiket masuk sebesar Rp. 5000 anda bisa menikmati hamparan pantai yang tidak dipenuhi karang seperti pantai lainnya. Anda yang hobi camping, tempat ini sangat cocok. 

8.  Pantai yang Dikelilingi Mangrove


Pantai Clungup (@nela.projects)

Pantai Clungup yang terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang ini cukup indah.

Pemandangan berupa tiga buah pulau kecil dan karang-karang akan memanjakan mata. Suasananya juga masih sangat alami. 

Anda bisa juga memanjat pulau karang tersebut tetapi perlu berhati-hati, karena karangnya sudah pasti cukup tajam.

Sejauh mata memandang terlihat keasrian panorama Pantai Clungup yang sangat berbeda dari pantai-pantai lain. Di sekitar pantai masih banyak terdapat hutan bakau yang masih lebat

9.  Pantai Terbersih dan Berwarna Warni

Pantai Tiga Warna, hobiwisata.com

Pantai Tiga Warna yang berada di Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang menjadi wisata yang sangat berbeda dengan pantai lain, karena kedalaman laut yang berbeda mempengaruhi warna sehingga jika dilihat dari kejauhan akan sangat indah. 

Yang membedakan lagi dari Pantai Tiga Warna adalah cara masuknya yang harus reservasi. Dan untuk kuota orang yang masuk hanya sampai 100 orang agar kebersihan tetap terjaga. 

Salah satu kegiatan favorit di Pantai Tiga Warna yakni snorkeling atau menikmati pemandangan bawah laut. Tak heran jika pantai ini menjadi favorit wisatawan yang gemar snorkeling. 

Anda tak perlu khawatir jika ingin snorkeling, karena disana sudah disediakan tempat untuk persewaan alatnya. 

Namun sebelum kesana, anda harus menyiarkan uang Rp. 100.000 per 10 orang untuk guide yang mengantar ke tempat tujuan. 

10.  Pantai Penghasil Tuna Terbesar di Indonesia

Pantai Sendang Biru (@prasetyo_aries)

Pantai Sendang Biru yang beralamat di Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang adalah salah satu pantai yang merupakan tempat untuk mencari ikan. 

Banyak sekali warga yang mempunyai mata pencaharian sebagai nelayan. Semua dibuktikan dengan banyaknya perahu yang berjajar di bibir pantai. 

Tak hanya itu, kalian juga bisa menyewa perahu dengan dua jenis, yakni dayung dan mesin.

Untuk dayung, harga sewanya ditarif sekitar Rp. 50.000 hingga Rp. 75.000, sedangkan untuk perahu mesin di banderol sekitar Rp.100.000 hingga Rp. 150.000.

11.  Pantai Penangkaran Penyu

Pantai Nganteb peloporwiratama.co.id

Pantai Ngantep yang berada di Dusun Sukorejo, Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang dikenal masyarakat karena beberapa tahun terakhir selalu digunakan untuk penangkaran Penyu.

Ratusan Penyu tersebut dilepas ke laut agar berkembang biak dan menjadi biota laut. 

Selain itu, Pantai Ngantep juga sangat terkenal ombaknya yang ganas. Terbukti hal itu sering digunakan untuk kompetisi surfing tingkat Internasional. 

12.  Pantai yang Memiliki Gua

Pantai Goa Cina (@akirbiiboo)

Di Kabupaten Malang, pantai yang terkenal memiliki gua yakni Pantai Goa Cina, tepatnya di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. 

Nama pantai ini sesungguhnya adalah Pantai Rowo Indah, namun karena ada seorang Tionghoa meninggal saat pertapaannya disana (Gua), akhirnya Pantai Goa Cina lebih tenar hingga sekarang. 

Bahkan hingga kini, sebagian orang masih mempercayai bahwa keberadaan goa disana memiliki nilai magis yang cukup tinggi. 

Pantai goa china manusialembah.com

Selain itu, pantai ini juga memiliki fenomena yang cukup langka, karena gelombang ombaknya yang tidak karuan dan mengarah ke tiga titik, yaitu selatan, timur dan barat. Dan arusnya selalu bertabrakan hingga memunculkan suara gemuruh yang amat keras. 

13.  Pantai Berpasir Putih Indah dan Panjang

Pantai Pulodoro (@wijapuccino)

Pantai Pulodoro yang terletak di Dusun Sumberceleng, Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang adalah salah satu alternatif pilihan jika wisatawan ingin menikmati masa liburnya di Malang. 

Pantai Pulodoro memiliki enam keunggulan yang patut untuk dikagumi. 

Pantainya yang lapang dan tak berbatas, Pemandangan ombak besar laut selatan, jarang pengunjung, bersanding dengan hutan pekat, sunset dari pantai yang sangat menakjubkan dan pantai yang tidak sendiri. 

Keunggulan tersebut menjadikan Pantai Pulodoro berbeda dengan pantai di Malang Selatan yang ada. 

Untuk memasuki Pantai Pulodoro, kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5000 per orang. 

Selanjutnya ada Pantai Kuncaran yang berada di Desa Sindurejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. 

Eksotika pasir putih, menjadi identitas tersendiri bagi Pantai Kuncaran. Sesekali gelombang ombak yang menyapu pasir pantai membuat hati terasa tenang seiring cahaya matahari yang menyinari. 

Pantai Kuncaran mulai ramai dibicarakan mulai 2017 lalu dan kini tiket masuknya hanya Rp. 7000 per orang. Sementara untuk parkir kendaraan masih harus ke Pantai Ngudel, karena belum tersedianya tempat. 

14.  Pantai untuk Olahraga Dirgantara

Pantai modangan, suaramerdeka.com   

Pantai Modangan yang berada di Dusun Sumberrejo, Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang menawarkan eksotika alam dari atas bukit dengan pemandangan pantai. 

Sejauh mata memandang, sangat terlihat jelas laut yang tiada habisnya bercengkrama dengan langit dan sudah pasti membuat traveller cemburu karena kemesraannya. 

Di sana adalah tempat yang sangat bagus jika digunakan untuk paralayang, karena spot bukitnya cukup tinggi. 

Sementara itu, jika traveller menginginkan keindahan pantai jangan khawatir, pesona Pantai Modangan siap untuk memanjakan tanpa ada kata lelah. 

15.  Pantai untuk Snorkeling

Pantai Kletakan, detiknews

Bukan hanya Pantai Tiga Warna, Pantai Kletakan juga menawarkan spot snorkeling dengan keindahan biota laut didalamnya. 

Berada di daerah Dampit, Kabupaten Malang, Pantai Kletekan terkenal sangat jernih. Hanya di kedalaman 7 meter, terumbu karang, bebatuan dan ikan sangat terlihat jelas keindahannya. 

16.  Pantai untuk Surfing

Pantai Lenggoksono, tribunnews.com

Pantai Lenggoksono yang beralamat di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang menjadi pantai yang sangat cocok bagi pecinta olahraga surfing selain Pantai Ngantep. 

Ombak dari Pantai Lenggoksono yang mengalun indah menjadi pertimbangan tersendiri bagi traveller yang ingin mencobanya. 

Untuk masuk dan menikmati keindahan Pantai Lenggoksono, anda hanya perlu menyiapkan dana Rp. 10.000 per orang. Sesuatu yang sangat murah dibandingkan keindahan yang ditawarkan. 

17.  Pantai Bebatuan Indah

Pantai Watu Leter, explorewisata.com

Pantai Watu Leter yang berada di Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Untuk mencapai kesana, traveller harus melewati Pantai Goa Cina terlebih dulu. 

Disana anda dapat menikmati keindahan bebatuan yang tidak berjajar namun sangat indah.

Ombak yang tidak begitu kencang, menambah suasana tenang di Pantai Watu Leter. 

Tak hanya itu, traveller juga dapat menjumpai beberapa Penyu abu-abu yang di budidayakan di pantai tersebut. Dipilihnya Pantai Watu Leter karena disitu masih sepi para wisatawan. 

Jika berhasil, wisatawan dapat melihat Penyu saat menepi dan bertelur. Tapi jangan diambil yaa

18.  Pantai untuk Camping

Pantai Gatra ,jejakpiknik.com

Pantai Gatra adalah pilihan tepat bagi traveller yang ingin bermalam di pantai. Karena tempatnya sangat strategis untuk menikmati deburan ombak dan cukup rindang saat siang hari. 

Traveller juga tak perlu takut jika ingin berenang di pantainya, karena ombaknya cukup tenang dibandingkan pantai lainnya. 

19.  Pantai dengan Sunset Indah

Pantai Ngliyep ,piknikyok.com

Pantai Ngliyep adalah pantai yang terletak di tepi Samudera Hindia. Tepatnya, di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. 

Jika ingin menikmati sunset, Pantai Ngliyep sangat tepat menjadi pilihan traveller. Karena arahnya sangat pas dan suasananya cukup indah. 

Selain itu, sejauh mata memandang tepatnya 300 meter sudah terlihat pulau yang bernama Gunung Kombang yang memiliki cerita religi didalamnya. 

20. Pantai dengan Batu yang Bisa Keluarkan Air

Watu Ngebros di Pantai Jonggring Saloka,whiempy.blogspot.com

Watu Ngebros di Pantai Jonggring Saloka, tepatnya di Desa Menteraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang menjadi satu-satunya di Indonesia.

Bahkan di dunia, karena dari batu karang besar menjulang di bibir pantai tersebut, keluar muncratan air ke angkasa hasil pertemuan dua arus gelombang besar dari selatan dan utara. 

Dua gelombang itu bertabrakan di satu titik, di dalam rongga batu karang besar yang mirip gorong-gorong raksasa tersebut.

Dari rongga batu karang itulah muncul muntahan gelombang dan menimbulkan suara gemuruh cukup keras.

Saat gelombang besar, suara gemuruh itu terdengar hingga radius tujuh kilometer ke arah barat, tepatnya di sejumlah pantai di kawasan Kalitekuk, Desa Sumberboto.

21. Pantai Dikelilingi Karang

Pantai Wedi Putih (@sajad.fargan)

Pantai Wedi Putih yang terletak di Dusun Balearjo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, ini sering diserempet-serempetin sebagai Raja Ampatnya Kabupaten Malang lho. 

Betapa tidak, selain pasirnya yang putih disitu juga memiliki batu karang yang sangat indah. Traveller bisa berenang dengan background keindahan karang. 

Tak perlu mahal untuk menikmati Pantai Wedi Putih, hanya Rp. 5000 anda sudah bisa berkeliling, berenang, foto dan lainnya hingga badan sudah mulai lelah. 

22.  Pantai yang Memiliki Celuk atau Kolam Renang Kecil

Pantai Mbehi (@dhandy_wahyu)

Pantai Mbehi ini terletak 3 km dari pantai Kondang Merak, tepatnya berada di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Lokasinya yang tersembunyi di balik hutan yang terdapat satwa lindungnya, membuat suasana pantai sangat asri.

Terlihat dari bersihnya pasir pantai serta jernihnya air laut yang membuat pantai ini semakin indah.

Pantai ini memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang dengan ciri khas ombak pantai selatan yang tergolong ganas.

Selain itu, didalamnya terdapat tiga keunikan yang tidak dipunyai oleh pantai lain, diantaranya yaitu fenomena lubang besar yang terisi oleh air laut melalui sela-selanya, karena itu sering mengeluarkan suara seperti naga. 

Selanjutnya ada Kolam Renang Alami yang terletak berdekatan dengan fenomena lubang besar tadi, dimana kolam ini terbentuk secara alami dengan air yang sangat jernih berukuran tidak terlalu besar.

Terdapat 2 buah kolam yang sangat cocok untuk memanjakan kita terlebih lagi dengan background laut lepas yang sangat luas membuat kita seakan menemukan secuil surga. 

Untuk sampai ke keunikan itu sendiri, traveller harus membayar guide sebesar Rp. 10.000 agar diantar dengan selamat sampai tujuan. 

23. Pantai dengan Spot Pancing

Pantai Tamban ,malangstrudel.com

Pantai Tamban tidak hanya menawarkan pesona keindahan alamnya.

Selain berkeliling Pantai, ada beberapa kegiatan yang juga dapat membuat pikiran menjadi lebih segar setelah sibuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Untuk kalian yang hobi memancing, bisa lho kalian lakukan bersama dengan nelayan lokal dan membawa hasil tangkapanmu. 

Selain itu, kalian juga bisa menikmati pemandangan di tengah laut dengan menaiki perahu wisata yang disewakan oleh para nelayan.

Biasanya, perahu ini nanti akan membawa para wisatawan ke beberapa lokasi yang menarik.

Untuk naik perahu ini wisatawan harus membayar tarif seharga Rp. 15.000 hingga Rp.20.000 untuk wisatawan yang ingin ke Pulau Sempu.

Pantai Tamban sendiri terletak di Malang Selatan berdekatan dengan Samudera Indonesia.

Tepatnya Pantai ini terletak di Dusun Tambakrejo di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. 

Sudah memikirkan akan ke pantai mana? Jangan bingung yaa...

Pewarta : Hendra Saputra
Editor : Heryanto
Publisher : Yogi Iqbal
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top