Puluhan Balita di Kabupaten Blitar Masuk Kategori Gizi Buruk

Ilustrasi.(Foto : Goggle Images)
Ilustrasi.(Foto : Goggle Images)

JATIMTIMES, BLITAR – Balita dengan gizi buruk kembali ditemukan di Kabupaten  Blitar. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Pemkab Blitar, tercatat saat ini ada 85 balita gizi buruk tersebar di 22 kecamatan.

Kasi Kesehatan Keluarga Dinkes Pemkab Blitar, Yuliati, mengatakan mayoritas anak yang menderita gizi buruk terjadi karena penyakit bawaan sejak lahir.

Kondisi itu membuat anak-anak penderita gizi buruk sulit berkembang dengan baik. Mereka sangat membutuhkan perhatian khusus agar segera tertangani.

Ironisnya, anak-anak itu juga menderita beberapa penyakit yang menyertai gizi buruk. di antaranya bibir sumbing, hernia, katarak sebelah mata, kelainan jantung, serta komplikasi beberapa penyakit.

“Dengan adanya penyakit di samping gizi buruk, membuat penanganan harus berkelanjutan. Penyakit yang diderita rata-rata sudah ada sejak lahir,” kata Yuliati.

Dia menambahkan, beberapa kasus gizi buruk juga terjadi akibat faktor salah asuh karena kondisi latar belakang ekonomi yang kurang baik. Hal ini membuat anak tidak mendapatkan asupan gizi dengan baik.

Dengan situasi itu, perlu ada perhatian semua pihak termasuk orang tua, lingkungan, dan pelayanan kesehatan.

Untuk itu, kini dinkes fokus pada penanganan untuk pengentasan gizi buruk dengan memberikan tambahan asupan berupa susu khusus gizi buruk secara rutin.

“Meskipun masih ada kasus gizi buruk, setidaknya jumlahnya sudah banyak berkurang. Sebab, berbagai upaya terus kami lakukan untuk menekan kasus gizi buruk,” ucapnya.

Dinkes optimis ke depan jumlah kasus gizi buruk terus berkurang. Sebelumnya, pihaknya telah mengobati lebih dari 50 anak yang menderita gizi buruk.

Untuk itu kata dia, akan rutin dilakukan pendataan untuk mendeteksi anak penderita gizi buruk. Semakin cepat diketahui, semakin cepat dilakukan penanganan.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Heryanto
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top