Rakorda Kepariwisataan & Kebudayaan, Deni Rohman : Membangun Sinergitas Pelaku Usaha Kepariwisataan

Kepala Disparbud Lumajang memaparkan sejumlah materi dalam Rakorda Kepariwisataan & Kebudayaan. (Foto: Pawitra/JatimTIMES)
Kepala Disparbud Lumajang memaparkan sejumlah materi dalam Rakorda Kepariwisataan & Kebudayaan. (Foto: Pawitra/JatimTIMES)

JATIMTIMES, LUMAJANG – Ditemui di sela-sela acara Rakorda Kepariwisataan & Kebudayaan Lumajang 2018, Kamis (1/11/2018), Kepala Disparbud Lumajang Deni Rohman, AP. mengharapkan sebuah komitmen bersama dari seluruh stakeholder pelaku wisata.

"Komitmen bahwa kepariwisataan di Lumajang harus maju, dengan berdasar potensi lokal yang ada. Bagaimana harus maju ya harus ada sinergitas," ungkap Deni Rohman.

"Alhamdulillah dari budayawan ada, dari para pelaku industrinya juga ada, dari pemerintah, OPD-OPD juga ada. Meskipun ini jumlahnya tidak terlalu banyak, karena baru pertama kali kita melaksanakan ini dengan segala keterbatasannya," tambahnya.

Melalui kegiatan yang diadakan di Gedung Soedjono pagi hingga petang ini, Disparbud Lumajang berharap ini bisa menjadi momentum, bahwa secara riil ada tindak lanjut ke depan yang bisa dilaksanakan.

Rakorda Kepariwistaan & Kebudayaan  memang baru tahun ini dilaksanakan. Kegiatan tersebut nantinya akan menjadi input baik bagi Disparbud dan dinas-dinas yang lain, untuk dikolaborasikan dengan program kerja yang akan dilakukan tahun 2019 dan tahun-tahun berikutnya.

"Artinya ini bahan untuk penyusunan program kerja. Kami juga menggugah kepada teman-teman pelaku usaha untuk membuat forum, agar tahu apa dibutuhkan dan apa yang bisa kita lakukan," imbuh Kepala Disparbud Lumajang.

"Misal hotel butuh kentang jenis A, tinggal petani menyesuaikan. Sebenarnya forum-forum tidak resmi dengan teman-teman komunitas juga sering kita lakukan. Seiring berjalannya waktu dan tumbuhnya kesadaran akan kita buat forum yang lebih besar lagi, yang terpenting nanti bukan dari sisi forum itu tapi bagaimana nanti hasilnya," tandas Deni Rohman.

Pada Rakorda tersebut, Disparbud menghadirkan sejumlah stakeholder pariwisata seperti unsur OPD, pelaku pariwisata, budayawan, pemerintahan desa, Kelompok Sadar Wisata, serta sejumlah media untuk urun rembug dan berdiskusi yang dibagi dalam beberapa kelompok.

Pewarta : Pawitra Huda Pradana
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Lumajang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top