Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pria Ini Masuk Rumah Orang, Dikepung Warga, Ternyata ....

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Yunan Helmy

01 - Nov - 2018, 16:49

Placeholder
Petugas dan warga saat mengamankan pelaku. (Polsek Klojen)

Warga sekitar kawasan Jalan Panglima Sudirman RT 2 RW 3 Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Kota Malang,  Kamis malam (31/10/2018) sekitar pukul 18.30 WIB mendadak heboh.  Sebab, rumah salah satu aparatur sipil negara (ASN) bernama Hendrik dimasuki orang tak dikenal yang diduga maling.

Namun aksi pelaku diketahui tetangga korban. Hingga akhirnya pelaku berhasil diamankan warga.

Ternyata baru diketahui jika pelaku mengalami depresi. Bahkan saat pelaku ditanyai warga, pelaku tampak seperti orang yang linglung.

Hal tersebut diakui oleh Kapolsek Klojen Kompol Budi Harianto saat ditemui MalangTIMES (1/11/2018). Dijelaskan Budi, kronologi pelaku masuk ke dalam rumah hingga ditangkap warga cukup lucu.

"Ketahuannya ya itu, ada tetangga korban bernama Agus sempat melihat pelaku masuk. Kemudian tetangganya itu langsung menghubungi korban. Korban pulang dan mendapati pelaku ini berada di dalam rumah dan langsung ditangkap," jelasnya

Dijelaskan lebih lanjut, pelaku mulanya sekitar pukul 18.00  mendatangi rumah korban dan kemudian berdiam diri di depan teras. Namun kemudian pelaku tiba-tiba menemukan kunci yang tergeletak di dekat sebuah pot di teras rumah korban.

Langsung saja kunci tersebut diambil oleh pelaku yang kemudian langsung digunakan pelaku untuk masuk ke dalam rumah korban.

"Pas dicoba, ternyata pas. Pelaku kemudian langsung masuk ke dalam rumah, kemudian menuju kamar mandi untuk membersihkan muka," ungkap kapolsek.

Setelah itu pelaku ini menuju dapur dan membuka magic jar atau penanak nasi.  Dilihat ada nasi. Tapi karena pelaku tidak bernafsu makan. akhirnya tidak jadi makan. "Setelah itu, pelaku langsung menuju ruang tamu, duduk-duduk disana," jelas kapolsek.

Kemudian oleh warga dan korban, pelaku diamankan ke Polsek Blimbing. Saat ditanya, pelaku memang terlihat seperti orang linglung. Jawaban pelaku juga tidak menyambung dengan yang ditanyakan.

"Ya nggak nyambung ketika ditanya, sehingga kami juga cukup kesulitan. Identitas juga nggak bawa.  Kemudian kami cek lagi sidik jari pelaku. Baru tahu identitas pelaku. Namanya Muhammad Saiful Bahri (35), warga Lingkungan Boto, Jember," beber kapolsek.

Tak berhenti di situ. Polisi melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan mengirimkan pelaku ke rumah sakit untuk diperiksa kondisi kejiwaannya. Setelah diperiksa hingga pukul 02.00 malam, akhirnya ketahui bahwa memang pelaku mengalami depresi.

"Saat ini masih kami amankan. Kami belum bisa memulangkan pelaku ini. Kami masih kesulitan menghubungi keluarganya. Sebab ditanya, nvgak nyambung. Namun jika tak segera ada yang menjemput, pelaku akan kami serakan ke Dinas Sosial (Dinsos) Kota Malang," jelasnya

Sementara itu, untuk langkah hukum selanjutnya, ditegaskan Budi bahwa pihaknya tidak bisa melakukan penindakan lebih lanjut. Sebab, meskipun korban telah melapor, namun setelah dilakukan penyidikan tidak terdapat barang-barang korban yang hilang maupun rusak.

"Karena nggak ada barang yang hilang atau rusak, semua barangnya masih utuh, sehingga laporan korban tak bisa kita terbitkan," pungkasnya. (*)


Topik

Peristiwa berita-malang rumah-asn-dimasuki-orang-tak-dikenal hendrik Kapolsek-Klojen Kompol-Budi-Harianto



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Yunan Helmy