Sosialisasikan KB Era JKN, Anggota DPR Ir Budi Yuwono Ajak Masyarakat Tak Ragu Ikut BPJS Kesehatan

Sosialisasi KB Era JKN di Desa Jimbe Kab Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Sosialisasi KB Era JKN di Desa Jimbe Kab Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Sebagai wakil rakyat yang bernaung di Komisi IX DPR RI, Ir Budi Yuwono kian gencar membawa program-program yang bersentuhan langsung dengan rakyat. Bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dewan dari PDI-P ini kembali menggelar sosialisasi promosi Pelayanan KB Berkualitas Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kegiatan yang diikuti ratusan warga itu digelar di dua tempat pada Jumat (2/11/2018). Masing-masing di Desa Jimbe, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar dan Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar.

Kepala Dinas PPKBP3A Pemkab Blitar, Wahid Rosyidi, dalam sambutannya menyampaikan sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan juga memberikan pelayanan promotif dan preventif termasuk pelayanan pemasangan alat KB.

“Untuk KB kedepan semuanya akan ditangani oleh BPJS Kesehatan. Oleh karena itu masyarakat perlu tahu. Agar nantinya peserta BPJS yang ikut KB bisa terjamin,” ucap Wahid Rosyidi.

Sementara Uni Hidayati dari BKKBN Provinsi Jawa Timur, dalam paparannya berharap masyarakat diharapkan dapat mematangkan perencanaan sosial dan ekonomi keluarga melalui KB.

“Pemasangan alat, suntik, penanganan komplikasi, vasektomi, serta layanan KB lainnya ditanggung oleh BPJS Kesehatan, sedangkan obat dan alat kontrasepsinya disediakan oleh BKKBN. Harapannya masyarakat tidak ragu lagi ikut KB,” katanya.

Dalam kegiatan ini Ir Budi Yuwono yang berhalangan hadir diwakili Anggota DPRD Kabupaten Blitar, Guntur Wahono. Dalam sambutannya Guntur menegaskan bahwa wakil rakyat di parlemen mendukung penuh pelaksanaan program KB. Menurut dia, KB merupakan salah satu cara untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Program KB ini harus berhasil. Keberhasilan ini akan mewujudkan masyarakat bahagia sejahtera secara nasional. Program KB sekarang ada sinergitas dengan BPJS. Kami berharap masyarakat juga tak ragu ikut BPJS Kesehatan,” tegasnya.

Dikatakan, agar berhasil Program KB ini harus dibackup penuh oleh eksekutif dan legislatif. Dukungan salah satunya dalam bentuk sosialisasi secara langsung kepada masyarakat seperti pada hari ini.

“Sehebat apapun program itu apabila tidak tersosialisasikan dengan baik maka mustahil akan berhasil. Harapan kami keberhasilan program KB akan mewujudkan masyarakat Blitar yang bahagia dan sejahtera,” tandasnya.

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top