Mau Berenang di Kolam Tanpa Campuran Kaporit, Kunjungi Saja Pemandian Sumber Dadapan

Para pengunjung sedang menikmati di kolam renang Pemandian Sumber Dadapan di Dusun Dadapan Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Para pengunjung sedang menikmati di kolam renang Pemandian Sumber Dadapan di Dusun Dadapan Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES, BATU – Mencari tempat pemandian dengan air yang menyegarkan, tanpa ada campuran dengan kaporit? Pemandian Sumber Dadapan di Dusun Dadapan Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji bisa menjadi salah satu pilihan bagi kalian.

Lokasinya berada di area petik stroberi. Di dalam pemandian ini memiliki dua kolam dengan ketinggian yang sama. Yakni 120 centimeter, akan tetapi untuk kolam satunya air tidak diisi dengan penuh karena diperuntukkan bagi anak-anak.

Di sana juga disediakan permainan seperti seluncuran anak dan dewasa. Lalu juga ada beberapa pelampung yang disuguhkan secara gratis.


Yang paling jadi unggulan di tempat pemandian ini adalah airnya merupakan sumber dari Dusun Dadapan. Sehingga saat memasuki area pemandian ini akan terlihat air cukup jernih.

Selain itu juga airnya terasa sangat segar karena memang airnya asli air sumber. Apalagi juga tidak dicampur dengan kaporit sehingga lebih aman. Ditambah hawa dingin dan udara segar yang menyelimuti tempat pemandian. 

Tidak hanya itu saja, pengunjung juga disuguhkan dengan pemandangan sawah yang ada di sekitar pemandian ini. Lalu di dalam pemandian ini tembok-temboknya enak untuk dilihat karena diberi sentuhan cat berwarna-warni agar terlihat berwarna. 

Hanya saja rata-rata pengunjung yang datang itu didominasi oleh anak-anak dan sebagian orangtua. Ya karena pemandian ini jadi destinasi bagi warga lokal Desa Pandanrejo dan area Kota Batu.

Pengunjung asal Desa Giripurno Clarissa Putri mengatakan, setiap berakhir pekan menyempatkan waktu untuk bersenang-senang, salah satunya dengan berenang sambil berolahraga. “Setiap hari Minggu sama teman-teman sama-sama ke sini untuk berenang. Karena lokasinya dekat,” kata Clarissa, Minggu (4/11/2018).

Ia sering mengunjungi pemandian ini karena airnya yang bersih dan tidak ada kaporit. “Suka berenang di sini karena bersih. Sama gak ada kaporitnya, soalnya kebanyakan kolam renang itu sering ada kaporitnya,” imbuhnya.

Sebagai pelajar tentunya kolam renang yang dicari itu dengan harga yang terjangkau. Di sana hanya dikenakan tarif Rp 5 ribu per orangnya. 

Sementara itu Penanggungjawab Pemandian Sumber Dadapan menjelaskan rata-rata pengunjung yang datang itu adalah anak sekolah. Sehingga setiap hari tidak pernah sepi, banyak dari mereka pelajaran olahraga berenang di sana. 

“Di sini gak pernah tutup, anak-anak sekolah pelajaran olahraganya di sini. Seperti SDN Pandanrejo 01, SDN Pandanrejo 01, SDN Bumiaji, SMA Karangploso, Bumiaji rata-rata ke sini,” ujar Solikin.

Karena banyaknya pengunjung, kebersihan air di dana menjadi perhatian. Oleh sebab itu selama satu minggu harus dibersihkan dua kali. “Karena gak pakai kaporit jadinya harus sering dibersihkan. Kalau gak gitu ya keruh,” imbunya. 

 

Pewarta : Irsya Richa
Editor : A Yahya
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Batu TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top