Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Biaya Sertijab Wali Kota Baru Capai 800 Juta Rupiah, Dibuat Apa Saja?

Penulis : Agus Salam - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

07 - Nov - 2018, 18:13

Placeholder
Sekdakot, dalam acara Paripurna, usai membacakan jawaban ekskutif (Agus Salam/Jatim TIMES)

Pelantikan dan serah-terima jabatan Wali Kota Probolinggo terpilih belum dipastikan. Kabar yang beredar, acara tersebut digelar Januari dan ada pula yang mengatakan Maret tahun depan. Meski belum diketahui kepastiannya, Pemkot Probolinggo telah menganggarkan Rp 819.200.000 untuk kepeluan tersebut.

Biaya perhelatan tersebut diketahui saat rapat paripurna beberapa hari yang lalu. Dengan agenda, pembacaan jawaban ekskutif atas pemandangan fraksi DPRD terhadap Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) Tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2019. Pembacaan jawaban ekskutif diwakilkan ke Sekda Kota Probolinggo dr Bambang Agus Suwignyo.

Dana sebesar itu dianggarkan pada sekretariat daerah bagian umum, sedang bagian pemerintahan bertugas melakukan koordinasi dengan Pemprov Jawa Timur. Terkait pelaksanaan pelantikan, baik mengenai jadwal maupun yang lainnya, mengingat pelantikan akan dilaksanakan di Surabaya serentak dengan daerah lain. Sedang untuk kegiatan serah-terima jabatan dari wali kota lama ke wali kota terpilih (Baru), dilaksanakan di Kota Probolinggo.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bagian Umum Sugito Prasetyo membenarkan, jumlah anggarannya. Hanya saja, ia tidak menjelaskan perinciannya dengan alasan tidak hafal. Menurutnya, anggaran sebanyak itu tidak hanya untuk sertijab saja, tetapi sudah inklud di dalamnya pesta rakyat. “Bukan hanya untuk sertijab, tapi sudah termasuk biaya pesta rakyat,” ungkap Sugito via selulernya.

Sugito yang waktu dikonfirmasi mengaku berada di Surabaya tidak menjelaskan, seperti apa pesta rakyat yang akan digelar saat atau pasca sertijab. Menurutnya, anggaran tersebut besar karena seluruh anggarannya ngumpul di bagian umum. Beda dengan sertijab wali kota lima tahun sebelumnya, yang anggaran dan kegiatannya menyebar di satker terkait, termasuk di sekretaris dewan. "Kalau sertijab wali kota lima tahun lalu, dananya kan menyebar. Kalau sekarang ngumpul di kita,” tambahnya.

Saat ditanya, berapa jumlah anggaran sertijab wali kota sebelumnya dan apakah anggarannya lebih besar dari sertijab tahun depan, Sugito berterus terang, tidak mengetahui. Sebab, kala itu, ia tidak berkecimpung di dalamnya. Dalam kesempatan itu, ia menyebut seluruh anggaran dan perencanaan acara lima tahunan tersebut, siap. “Sudah ready. Baik anggaran, perencanaan dan pelaksanannya,” pungkasnya.


Topik

Pemerintahan proboliggo berita-probolinggo sertijab anggaran



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Agus Salam

Editor

Sri Kurnia Mahiruni