Lepas Peserta Sepeda Jelajah Nusantara 2018, Wabup Jember Kampanye Gowes

Wakil Bupati Jember Drs KH Abdul Muqiet Arif saat melepas peserta SJN. (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)
Wakil Bupati Jember Drs KH Abdul Muqiet Arif saat melepas peserta SJN. (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

JATIMTIMES, JEMBER – Kabupaten Jember menjadi salah satu kota yang dilewati jalur Sepeda Jelajah Nusantara (JSN) 2018.

Awalnya para pesepeda ini memulai rutenya dari Pulau Kalimantan. Kemudian menjelajah seluruh Sulawesi, lalu menyeberang ke Bali dan bermalam di Kabupaten Jember. 

Bertempat di halaman Pemkab Jember, Kamis (8/11/2018) sedikitnya 15 atlet Sepeda Jelajah Nusantara 2018 dilepas langsung oleh Wakil Bupati Jember Drs KH A. Muqit Arief beserta Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Dedi M. Nurahmadi dan Kasatpol PP Jember Arif Tjahyono.

Para peserta  lalu melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Lumajang yang menjadi rute berikutnya. Menurut Wakil Bupati Jember Drs KH A. Muqit Arief bahwa olahraga sepeda merupakan olahraga yang tidak membedakan strata. Kaya miskin, pejabat maupun rakyat berbaur menjadi satu mengayuh sepeda dan melebur. 

"Olahraga sepeda atau gowes adalah olahraga yang bisa dinikmati dan dijalani oleh semua orang dan golongan. Olahraga Sepeda Jelajah Nusantara ini sangat pas kalau dijadikan sosialisasi dan kampanye Gerakan Menuju Masyarakat Sehat," kata Wakil Bupati Abdul Muqiet Arif. 

Peserta Sepeda Jelajah Nusantara ini dari berbagai kota dsan provinsi. Di antaranya Papua, Pontianak, Bali, Solo, Jogja, dan Pasuruan dan lain-lain. Semua Atlit ini dari budaya dan agama yang berbeda-beda, tetapi mereka menjadi satu tim yang sangat solid.

 "Semoga kebersamaan ini yang dikemas olahraga, tetapi ini sebuah kemasan Bhineka Tunggal Ika, karena Bhineka Tunggal Ika itu tidak bisa dihindari dalam berbangsa dan bernegara di Indonesia," kata Wakil Bupati Jember. 

Dia berharap atlet Sepeda Jelajah Nusantara 2018 menjadi inspirasi semua orang, bahwa suatu kerukunan itu sangat mahal dan harus dipertahankan dan dikembangkan. "Mungkin bikers Jember bisa diikut sertakan dan ketua panitia SJN 2018 mengatakan bahwa tahun yang akan datang Jember akan diikut sertakan," harapnya. 

Wakil bupati Jember menambahkan bahwa SJN ini event tingkat nasional, yang mereka datang ke beberapa titik dengan mengenal budayanya, destinasi wisatanya, maka itu sangat bagus untuk internal Jember kalau mengadakan semacam itu untuk mengenal destinasi wisata dan budaya di Kabupaten Jember.

 "Itu ide bagus untuk Kabupaten Jember. Dan temen-temen gowes di Jember sangat banyak, maka bisa mengenalkan wisata dan budaya di Kabupaten Jember," Imbuhnya. (*)

Pewarta : Moh. Ali Mahrus
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Jember TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top