Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Lelang Kotak Suara Bekas Tunggu Jadwal dari Pusat

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

09 - Nov - 2018, 17:52

Placeholder
Petugas KPU Kota Malang tengah memindahkan kotak suara bekas berbahan alumunium untuk dibongkar sebelum dilelang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang masih belum bisa melaksanakan lelang kotak suara bekas. Pasalnya, pihak KPU menunggu jadwal yang diberikan oleh pusat. 

Bendahara Logistik KPU Kota Malang Suyadi mengatakan, seluruh kotak suara yang akan dilelang sudah dilaporkan ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Totalnya, ada sebanyak 8.084 kotak. "Nantinya, kotak suara itu akan dilelang berdasarkan harga yang ada di pasaran," terangnya.

Saat ini, lanjut dia, proses lelang sudah masuk ke tahap KPKNL. Sembari menunggu proses, pihaknya pun melakukan pembongkaran. "Nanti proses lelang akan diinformasikan melalui web KPU Kota Malang. Sehingga siapapun bisa mengajukan lelang, bahkan dari luar kota," lanjutnya. 

Proses lelang itu nantinya akan berlangsung selama satu minggu setelah pengumuman lelang dibuka. Kotak suara berbahan alumunium itu merupakan sisa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 lalu. Kotak suara dengan berat total 24.252 kilogram tersebut diperkirakan akan dilelang dengan harga Rp 412.284.000.

Sembari menunggu lelang, para petugas KPU Kota Malang membongkar menjadi lembaran-lembaran alumunium. Seperti yang terlihat di gudang KPU jalan Bantaran, beberapa pekerja tengah membongkar kotak suara yang berasal dari lima kecamatan di Kota Malang.

Suyadi menyebut, hingga saat ini pembongkaran masih terus dilakukan. "Sudah 3 kecamatan yang membongkar kotak suara, tinggal 2 kecamatan lagi," ujarnya. Dia merinci, satu kotak suara mempunyai berat sekitar 3 kilogram. Sehingga, dari total 8.084 kotak suara yang akan dilelang mempunyai berat total 24.252 kilogram. 

"Kemarin sudah survei harga, itu yang dilaporkan per kilogramnya Rp 17 ribu," terangnya. Artinya, dari seluruh kotak suara tersebut diprediksi mempunyai nilai Rp 412.284.000. Suyadi mengatakan, pihaknya sebelumnya telah melakukan survey harga alumunium di pasar. "Kami survey, ada yang harganya Rp 15 ribu, Rp 16 ribu, dan Rp 17 ribu. Kami ambil harga tertinggi, Rp 17 ribu," pungkasnya. 


Topik

Peristiwa Lelang-kotak-suara kotak-suara Komisi-Pemilihan-Umum-Kota-Malang Pemilihan-Kepala-Daerah Kantor-Pelayanan-Kekayaan-Negara-dan-Lelang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Sri Kurnia Mahiruni