Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Edukasi Pelajar jadi Konsumen Cerdas, Dinas Perdagangan Tanamkan Rasa Cinta Produk Indonesia

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Heryanto

14 - Nov - 2018, 17:32

Placeholder
Kasi Tertib Niaga Disdag Kota Malang, Nuh Putu Eka Wulatari saat melakukan sosialisasi kepada para pelajar (paling kanan)(Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Menjadikan konsumen pemula (pelajar) menjadi konsumen cerdas (koncer), mandiri dan cinta produk Indonesia, Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Malang, gencar melakukan sosialisasi kepada kalangan pelajar.

Seperti halnya hari ini (14/11/2018), Disdag Kota Malang bersama dengan perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes) memberikan sosialisasi terhadap 50 siswa dari tiga sekolah SMP di Kota Malang.

Kepala Disdag Kota Malang, Wahyu Setianto, melalui Kepala Seksi (Kasi) Tertib Niaga Luh Eka Wulantari mengungkapkan sosialisasi8 terhadap para pelajar ini, lebih menekankan kepada para pelajar untuk mencintai produk bangsanya sendiri.

"Mereka sebagai konsumen pemula, harus sadar kalau produk buatan Indonesia ini kualitasnya juga tak kalah dengan barang buatan luar negeri. Sekarang kan condongnya mereka barangnya harus dari luar negeri, kebarat-baratan. Padahal barang negeri sendiri juga tak kalah bagus. Makanya kita ingin hilangkan mindset itu. Kita ingin tanamkan agar para siswa mencintai produk Indonesia," jelasnya di sela melakukan sosialisasi yang dipusatkan di SMPN 6 Malang (14/11/2018).

Selain itu, Disdag juga memberikan pemahaman terhadap para pelajar untuk bisa menjadi konsumen cerdas. 

Seperti membeli barang sesuai kebutuhan memang mereka butuhkan dan bukan berdasar keinginan.

"Saat membeli juga harus teliti, misalkan membeli barang, sebisa mungkin mengecek logo Standar Nasional Indonesia (SNI). Kemudian ketika membeli makanan kemasan, mereka juga harus melihat tanggal kadaluarsa, kebersihannya," terang wanita asil Bali ini.

"Ada juga materi yang memberikan pemahaman kepada siswa untuk bisa memilih makanan yang sehat dan terhindar dari bahan berbahaya seperti formalin,  borax,  rodamin yang memang berbahaya bagi kesehatan," tambahnya

Ditambahkan Kasi cantik ini, sosialisasi ini akan dilanjutkan kembali tanggal 15 November 2018 di SMPN 10 Malang, 19 November 2018 di SMPN 24 Malang dan 21 November 2018 di SMPN 21 Malang.

"Untiuk total semua pelajar yang akan diberikan sosialisasi berjumlah 200 orang, menyesuaikan anggaran dari Dinas. Namun kita berharap, mereka yang mendapatkan sosialisasi ini, bisa menularkan kepada teman-temannya yang lain," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan Pelajar-Cinta-Produk-Lokal Didik-Pelajar-jadi-Konsumen-Cerdas Dinas-Perdagangan-Kota-Malang Produk-Lokal-Kota-Malang Produk-Asli-Indonesia



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Heryanto