Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Baju Kerja Ridwan Kamil Dipuji Jokowi, Warganet : Ketularan Mukidi

Penulis : Dede Nana - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

16 - Nov - 2018, 09:06

Placeholder
Baju kerja Ridwan Kamil, dipuji sekaligus dihujat warganet (Ist)

Baju kerja berupa kaos oblong yang dikenakan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, menuai apresiasi Presiden Jokowi. Sekaligus menjadi sasaran 'cemoohan' warganet yang memenuhi kolom komentar akun kompascom. 

Warganet menilai baju kerja Ridwan Kamil yang dibanderol seharga Rp 74.500 setelah mendapat diskon dari harga asli Rp 149 ribu tersebut merupakan bentuk pencitraan. 

Warganet pun menarik pemakaian baju kerja Ridwan Kamil ke ranah yang lebih luas. Dari politik, kasus Meikarta,  kondisi pasar lain di Bandung yang lebih parah kondisinya, kritik kepada kompas yang dianggap jadi corong cebong, sampai pada munculnya diksi Mukidi. 

"Udah ketularan nih sama Mukidi," tulis akun Winafitri. 

Mukidi, nama fiktif yang menurut sejumlah media diciptakan Soetantyo Moechlas, adalah sosok viral di medsos. Kelakuan Mukidi dengan berbagai joke dan kenakalannya menjadi bahan guyonan masyarakat yang membuat siapapun yang membacanya tertawa terbahak-bahak. 

Mukidi adalah satir di tengah kehidupan masyarakat Indonesia. Sosok yang ditunggu-tunggu sekaligus bikin gregetan dengan berbagai ulahnya. 

Baju kerja yang dikenakan Ridwan Kamil saat mendampingi Jokowi melihat pasar di wilayahnya tersebut juga akhirnya digiring ke persoalan pelik bernama politik. Pembandingan oleh warganet pun memenuhi @kompascom yang dianggapnya sebagai media corong para cebong. 

Akun Dominiq447 menulis, "Kok kompas jadi corong cebong ya? Ga berimbang... " tulisnya. 

Ridwan Kamil yang dipuji Jokowi memakai baju kerja berupa kaos tersebut,  dibandingkan dengan peristiwa saat Sandiaga Uno yang memakai sepatu sport. Sandiaga dikomplain oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, karena ada aturan memakai seragam kerja bagi para pejabat. 

"Kmrn bang sandi msh jd Wagub pk sepatu sport di complain sm mendagri krn udh ada aturan soal seragam lah ini pake kaos mlh dipuji. Kliatan bangt klo yg oposisi salah mulu," tulis widiyanto62.
Akun ars.ind juga menuliskan, "coba kalo pak anies yg pake dibilang kurang sopan," ujarnya. 

Baju kerja Ridwan Kamil pun lebih jauh ditarik ke persoalan Meikarta. Seperti yang disampaikan akun fakhrul_erdogan82 :"Daripada Bahas Baju Kerja Mending Bahas MEIKARTA... Cuma Nanya MEIKARTA APA KABUUUUR... " tulisnya. 

Tidak hanya persoalan di luar pemakaian baju kerja Ridwan Kamil. Warganet pun mengkritisi Jokowi dengan pernyataannya yang memuji Ridwan Kamil tersebut. 
"Presiden kok aneh ya.. Demo dimana" gk digubris.. giliran baju penyembahnya dipujikab ka**t," tulis akun arianggara12.

 


Topik

Peristiwa Baju-Kerja-Ridwan-Kamil Gubernur-Jawa-Barat Presiden-Jokowi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Sri Kurnia Mahiruni