Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

ketua Koperasi SKI Gotong Royong Mulai Diperiksa Polisi, Beber Tak Pernah Pakai Uang Denda

Penulis : Agus Salam - Editor : A Yahya

17 - Nov - 2018, 19:22

Placeholder
Mahmud, kuasa hukum PT SKI saat berada di Mapolresta (Agus Salam/Jatim TIMES)

Uang denda atau kondite yang mengalir ke koperasi PT Sumbertaman Keramika Indonesia (SKI) Kota Probolinggo, tak disentuh. Sebab, koperasi SKI yang diberi nama Gotong Royong tersebut, dananya masih banyak. Disebutkan dana yang dikelola koperasi sebesar Rp 900 juta.

Hal itu diungkap kuasa hukum Mahmud, Sabtu (17/11) sekitar pujul 14.00 saat di Mapolres Probolinggo Kota. Ia berada di sana untuk mendampingi ketua koperasi SKI Gotong Royong Haryono, yang hari itu dimintai keterangan oleh penyidik polresta.

Mahmud menyebut, pengurus koperasi tidak menggunakan sama sekali dana kondite yang masuk ke koperasi. Seluruh kegiatan koperasi dibiayai modal koperasi yang saat ini sudah mencapai Rp 900 juta. “Koperasi tidak memakai sama sekali uang denda. Terlalu kecil. Setiap tahun hanya Rp 3 juta,” tandasnya ke sejumlah wartawan.

Dan saat ini dana tersebut sudah diserahkan ke Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang dibentuk perusahaan. Saat ditanya, mengapa jumlahnya tidak sama dengan yang dilaporkan koperasi ke Dinas Koperasi Usaha Kecil Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) bulan lalu ? Mahmud mengatakan, tidak ada perbedaan.

Padahal, pihak koperasi sebelumnya telah melaporkan ke DKUPP, uang kondite yang masuk ke koperasi di tahun 2017 sekitar Rp16 juta. Sedang tahun sebelumnya yakni, 2016 sekitar Rp20 juta. “Uang denda Rp3 juta sudah diserahkan ke LKS dan uang itu tetap utuh. Soalnya tidak ada pengeluaran untuk keryawan. Tidak ada karyawan yang kecelakaan saat kerja, atau meninggal,” tandasnya.


Topik

Peristiwa berita-probolinggo ketua-Koperasi-SKI Mapolres-Probolinggo Beber-Tak-Pernah-Pakai-Uang-Denda



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Agus Salam

Editor

A Yahya