Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Galakkan Melek Teknologi, Diskominfo Sisir Desa di Kabupaten Malang

Penulis : Dede Nana - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

19 - Nov - 2018, 16:31

Placeholder
Peserta pelatihan desa se-Kecamatan Kromengan, terlihat antusias saat mempraktikkan pembuatan website oleh Diskominfo Kabupaten Malang, Senin (19/11/2018) (foto: Nana/ MalangTIMES)

Penggunaan teknologi informasi di tubuh pemerintah desa (pemdes), tidak bisa ditunda-tunda. Kebutuhan masyarakat yang semakin akrab dengan penggunaan teknologi dalam mengakses informasi serta pengawasan pembangunan berbasis masyarakat perlu ditopang dengan kemampuan perangkat desa dalam hal tersebut. 

Sayangnya, sampai saat ini teknologi informasi di seluruh desa Kabupaten Malang, belum secara maksimal dijadikan alat bantu. Baik dalam memperkenalkan potensi, wadah transparansi, maupun sebagai ruang interaksi pemdes dengan masyarakatnya. 

Kondisi inilah yang membuat Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Malang terjun menyisir ke berbagai kecamatan. Dalam rangka mengoptimalkan peran teknologi informasi sebagai wadah informasi, publikasi, transparansi-akuntabel pemdes dalam menjalankan tupoksinya. 

"Giat kita memang ditujukan untuk semakin membuat pemdes 'melek' teknologi. Kita tidak bisa lepas dari hal ini dalam membantu dan memperlancar tugas pemerintahan saat ini. Karenanya kita kembali memberikan berbagai materi dalam penguatan teknologi informasi," kata Yurnalis Kepala Bidang (Kabid) Statistik dan Informasi Diskominfo Kabupaten Malang kepada MalangTIMES, dalam pelatihan pembuatan web-site pemdes di ruang rapat lantai dua kantor Kecamatan Kromengan Senin (19/11/2018). 

Pelatihan pembuatan web-site desa merupakan langkah lanjutan Diskominfo setelah tahun lalu juga melakukan hal yang sama. Tujuannya sama, diharapkan pemdes di Kabupaten Malang semakin melek teknologi di era milenal saat ini. 

Yurnalis mengatakan, pemberian materi pembuatan web-site juga sebagai bagian pemerintah Kabupaten (pemkab) Malang dalam menjalankan amanah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dimana, melalui regulasi tersebut, pemerintah memiliki kewajiban untuk menampilkan seluruh informasi kepada masyarakat. 

Kabid Statistik dan Informasi Diskominfo Kabupaten Malang Yurnalis (kanan) saat melihat proses pelatihan pembuatan website desa di Kecamatan Kromengan (Nana)

Pemilihan materi web-site menjadi pilihan, karena masih menurut Yurnalis, melaluinya maka informasi lebih bisa diakses luas. "Apalagi website ini sifatnya gratis bagi pemdes. Server dan domainnya dari kita dan teknisnya lebih praktis untuk dilakukan oleh pemdes," ujarnya. 

Nantinya, di tingkat desa akan dibentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dengan koordinator sekretaris desa (desa). PPID inilah yang nanti akan bertanggungjawab atas arus informasi desanya melalui website. 

Antusias peserta pelatihan yang diwakili oleh Sekdes dan operator desa se-kecamatan, cukup menggembirakan. Pemberian materi yang bersifat teknis dari Diskominfo Kabupaten Malang, sangat membantu peserta dalam membuat website. 

Erli salah satu peserta dari Desa Kromengan,  Kecamatan Kromengan, menyampaikan, melalui pelatihan tersebut maka dirinya merasa terbantu secara langsung dalam mengaplikasikannya. 

"Jadi kita selesai pelatihan sudah membawa hasil yang bisa diterapkan langsung di tingkat desa. Kalau pun masih ada hal yang belum dipahami, pihak Diskominfo juga siap untuk dimintai bantuannya," ujar staf desa Kromengan tersebut. 

Beberapa keuntungan dengan adanya website desa tersebut, selain sebagai wujud dari menjalankan amanah regulasi. Juga bisa dipergunakan dalam tataran praktis saat ada pihak luar yang meminta informasi. 

Yurnalis, mengatakan, desa tinggal memberikan formulir permintaan data atau informasi kepada pihak yang membutuhkannya. "Misalnya wartawan atau pihak akademisi yang akan melakukan penelitian. Jadi lebih praktis bagi pihak ketiga maupun bagi citra desa itu sendiri," pungkasnya 


Topik

Pemerintahan Diskominfo-Kabupaten-Malang Melek-Teknologi pemkab-malang web-site-desa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Sri Kurnia Mahiruni