Komunitas Jeepers Situbondo Kunjungi Wisata Puncak Rengganis

Komunitas Jeepers Situbondo saat berkunjung di Wisata Puncak Rengganis (Foto: Heru Hartanto / SitubondoTIMES)
Komunitas Jeepers Situbondo saat berkunjung di Wisata Puncak Rengganis (Foto: Heru Hartanto / SitubondoTIMES)

JATIMTIMES, SITUBONDO – Menyambut tahun kunjungan Wisata Situbondo tahun 2019, Komunitas Jeepers Situbondo mengunjungi sekaligus mempromosikan pariwisata Puncak Rengganis di Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo.

Selain mempromosikan wisata Puncak Rengganis yang pamoramanya mempesona tersebut, Komunitas Jeepers C4X4S Situbondo juga melakukan syuting "Spotlite" salah satu program di televisi nasional.

Rombongon Komunitas Jeepers Situbondo yang dipimpin Kapolres Situbondo AKBP. Awan Hariono SH, SIK, MH dan Wabup Situbondo Ir. H. Yoyok Mulyadi MSi bergerak dari depan halaman Polres Situbondo menuju tempat wisata yang saat ini pembangunan sedang digarap secara serius oleh Pemkab Situbondo sebagai destinasi waisata baru Puncak Rengganis.

"Kami Komunitas Jeepers mendapat kesempatan syuting acara Spotlite, sebagai warga Situbondo, kami mempunyai kewajiban mendukung program pemerintah daerah yaitu membranding tahun kunjungan wisata 2019. Puncak Rengganis adalah salah satu tempat wisata yang memiliki keindahan alam luar biasa, situs sejarah dan legenda Dewi Rengganis yang masih sangat kental melekat di masyarakat Desa Baderan, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo," jelas Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono.

Masyarakat sekitar pegunungan Hyang Argopura, kata Kapolres, masih meyakini legenda Dewi Rengganis seorang putri dari Prabu Brawijaya Raja Kerajaan Majapahit yang lahir dari seorang selir. "Mungkin karena terlahir sebagai putri yang tidak dikehendaki oleh keluarga kerajaan kala itu, maka Dewi Rengganis diasingkan di Gunung Argopura dengan ditemani pengikut setia prajurit Kerajaan Majapahit," tuturnya.

Menurut keterangan dan keyakinan masyarakat setempat, kata Kapolres, Dewi Rengganis kemudian membangun kerajaan di Gunung Argopura Situbondo, yang saat ini terkenal dengan Puncak Rengganis. "Legenda Puncak Dewi Rengganis terdapat sisa-sisa atau puing-puing yang menyerupai bangunan kerajaan. Di Puncak Rengganis terdapat situs purbakala tertinggi di Pulau Jawa. Selain ada pemandangan padang Savana Cikasur yang juga menyimpan sejarah, nuansa alamnya sangat indah dan sejuk, bahkan di waktu-waktu tertentu tempat wisata yang disebut "Plaza Rengganis" ini diselimuti awan sehingga pengunjung bisa menikmati sensasi serasa berjalan di atas awan," jelas Kapolres.

Sementara itu, Wakil Bupati Situbondo Ir. H. Yoyok Mulyadi MSi selaku pembina Komunitas Jeepres C4X4S Situbondo mengatakan, Tempat Wisata "Plaza Rengganis" yang terletak di Puncak Rengganis saat ini pembangunannya sedang dikebut. "Pembangunan dan infrastruktur pendukung wisata Dewi Rengganis hampir mencapai 100% sehingga mudah dijangkau oleh wisatawan yang akan mensaksikan keindahan panorama Puncak Dewi Rengganis.

Tak hanya itu saja yang disampaikan Wabup Situbondo, namun dia juga menjelaskan bahwa, dikembangkan wisata Puncak Rengganis oleh Pemkab Situbondo agar legenda Dewi Rengganis tidak punah dan menyelamatkan situs -situs sejarah yang ada di puncak tersebut. "Harapan pemerintah, dengan de kembangkannya wisata Puncak Rengganis perekonimian masyarakat setempat bisa tumbuh, pelaku usaha semakin menjamur dan Kabupaten Situbondo semakin maju," pungkas Wabup.

Sekedar informasi, Wisata Puncak Rengganis selain menawarkan wisata alam yang masih asli, situs kerajaan dan peninggalan sejarah kolonial berupa lapangan terbang, juga menawarkan wisata kuliner dan Edukasi yang tidak ditemukan ditempat lainnya dan masih banyak keunikan-keunikan yang terdapat di Wisata Puncak Dewi Rengganis. (*)

 

Pewarta : Heru Hartanto
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Situbondo TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top