Pernah Hits di Zamannya, 12 Motor Klasik Ini Jadi Buruan Kolektor

Motor Honda C70.(Foto : Tribunnews)
Motor Honda C70.(Foto : Tribunnews)

JATIMTIMES, BLITAR – Bermunculannya motor-motor baru membuat model lawas semakin murah dan jarang diminati. Namun, tidak semua model lawas itu harganya anjlok. Terdapat sejumlah motor model lawas yang masih banyak peminatnya. Harganya juga cukup bagus, bahkan seiring berjalannya waktu harganya pun semakin tinggi.

Fenomena ini terjadi karena sepeda motor tersebut menjadi favorit banyak kalangan. Desain yang tak lekang oleh waktu serta performanya yang tetap bandel meskipun telah berumur menjadi alasan utama motor lawas ini selalu menjadi buruan pencinta motor klasik. Dilansir dari berbagai sumber, BLITARTIMES berhasil merangkum 12 motor klasik yang paling diburu para kolektor. Berikut ulasannya.

1.Honda C70 merupakan sepeda motor bebek yang pernah jaya di era 1960-an hingga 1980-an.Motor ini merupakan sepeda motor legendaris yang punya penggemar tersendiri hingga saat ini. Sampai-sampai  Honda memproduksi kembali motor tersebut melalui serangkaian evolusi teknologi baru di tahun 2018 ini.

2.Honda C50

Honda C50 hadir di Indonesia pada tahun 1961. Motor ini dijuluki “bebek unyil” dengan identitas lampu yang berada di dada motor, mesin 50 cc dan kunci kontak disamping jok. Di belahan dunia lain motor ini disambut cukup antusias, seperti di Amerika dan Australia. Bahkan sebuah band bernama Beach Boys membuat lagu khusus untuk Honda Cub berjudul “Little Honda”.

3. Honda Benly S110.

Honda Benly mulai diproduksi di Jepang sejak tahun 1953 sebagai penerus generasi terdahulu S90, 90Z dan CB100. Pada tahun tersebut, prototype pertama Benley diperkenalkan yang ditenagai oleh mesin OHV 89CC 4 tak. Di Indonesia motor Benley paling dikenal adalah seri S110.

 

4. Yamaha RX 125 Twin.

Tipe motor Yamaha yang telah berhenti dikembangkan pada tahun 2009 silam merupakan salah satu primadona masyarakat Indonesia pada masanya. RX 125 Twin merupakan jenis Yamaha RX pertama yang masuk ke Indonesia. Motor tipe ini memiliki dua silinder. RX 125 Twin mampu menghasilkan tenaga sebesar 16 tenaga kuda pada 8500 Rpm. Motor ini bahkan dikenal menjadi salah satu motor terkencang pada masanya.

5. Yamaha RX 100.

RX 100 merupakan pengembangan dari tipe sebelumnya RX 125 Twin. Motor yang mulai diproduksi sejak tahun 1985-1996 silam ini ditengarai dengan mesin tetap 100cc. Walaupun dengan kapasitas mesin yang kecil, RX 100 mampu menghasilkan tenaga 11,5 tenaga kuda.

Motor ini juga unggul dalam urusan akselerasi. Dilansir dair Motorrxking.com, RX 100 mampu mencapai kecepatan 60 km/jam hanya dalam waktu 7,5 detik. Pada masa itu, kecepatan ini udah wow banget!

 

6. Yamaha RX 135.

Satu lagi seri dari Yamaha: RX-K 135. Motor yang terkenal di Indonesia pada tahun 90-an ini merupakan salah satu jenis RX yang sampai ke berbagai pelosok negeri. Motor ini sendiri menurut beberapa sumber tidak terlalu banyak diproduksi di negara asalnya Jepang. RX K-25 ini dulunya tidak terlalu banyak terjual.

 

7. Vespa VBB.

Motor jenis Vespa juga menjadi salah satu idaman masyarakat pada masanya. Salah satu yang melegenda adalah Vespa VBB. Pada masanya motor ini diproduksi hingga lebih dari 270.000 unit. Hal ini tentu menunjukkan betapa populernya vespa VBB. VBB merupakan evolusi dari versi sebelumnya VBA dengan ukuran karburator Dellorto Sl20/17C dengan 4 gigi.

 

8. Yamaha U7.

Yamaha U7 atau sering dikenal dengan sebutan Yamaha Delik ini juga menjadi salah satu motor yang diburu kolektor.

 

9. Yamaha v75 1978.

V75 merupakan salah satu motor dengan mesin kecil yang diproduksi Yamaha pada era tahun 70-an hingga awal 80-an. Motor yang dikenal juga dengan sebutan Yamaha Minthi atau Yamaha kecil ini memiliki bodi yang cukup kecil. Dengan bodi dan mesin yang kecil, kecepatan yang bisa dicapai pada gigi tiga adalah 60 km/jam. Saat ini v75 dijual dengan harga mulai dari 5 juta-an.

 

10. Astrea Star 1986.

Astrea merupakan salah satu produksi Honda yang cukup laris di Indonesia. Astrea merupakan pendahulu dari Honda Supra yang sekarang diproduksi di pasaran. Honda Astrea Star hadir di Indonesia pada tahun 80-an. Motor ini merupakan pengembangan dari motor Honda Super Cub yang diproduksi pada tahun 60-an. Itu 10 motor yang dulunya berjaya pada masanya. Motor-motor di atas kini masuk dalam list para kolektor motor.

 

11.Vespa Kongo

Bagi para scooterist tanah air tentu sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama Vespa Kongoyang sangat klasik ini, selain memiliki bentuk yang khas ternyata skuter antik ini menyimpan sebuah nilai sejarah yang sangat berharga bagi negara Indonesia. Model Vespa ini muncul dan mulai populer setelah era kemerdekaan negara RI yaitu pada awal tahun 60-an dan merupakan suatu kebanggaan bagi mereka yang beruntung memilikinya saat itu

 

12.Honda CB

Dari puluhan seri dan ribuan tipe motor yang diproduksi Honda dan telah beredar di Indonesia adalah seri CB (CB Series). Honda CB merupakan seri yang cukup banyak diproduksi dan mempunyai kesan dan daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

Sungguh menakjubkan motor ini, karena usia dari CB series sudah lebih dari 40 tahun dari awal produksi Honda CB pertama dulu.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : A Yahya
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top