Dorong Kemajuan Pertanian, Pemkab Blitar Gelar Agro Festival

Arak-arakan pawai pertanian membuka Blitar Agro Festival
Arak-arakan pawai pertanian membuka Blitar Agro Festival

JATIMTIMES, BLITAR – Kabupaten Blitar merupakan wilayah yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Sehingga menjadikan Blitar dikenal sebagai wilayah pertanian yang kaya raya. Faktanya adalah bahwa sebagian besar mata pencarian penduduk Kabupaten Blitar berasal dari sektor pertanian dan menjadikan sektor pertanian sebagai salah satu pilar besar perekonomian Blitar.

Potensi di bidang pertanian ini terus dikembangkan oleh Dinas Pertanian dan Pangan  Pemkab  Blitar dengan mengembangkan program-program yang bisa menunjang perkembangan pertanian di Kabupaten Blitar. Salah satunya adalah dengan menggelar Blitar Agro Festival yang telah menjadi agenda tahunan. Tahun ini Blitar Agro Festival mengambil tema “Meningkatkan Daya Saing Produk Pertanian”.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Blitar Agro Festival edisi tahun ini diawali dengan pawai produk pertanian, Senin (3/12/2018).  Diikuti 22 peserta dari 22 Kecamatan di Kabupaten Blitar, pawai tersebut menampilkan produk pertanian berupa tanaman pangan, hortikultura, peternakan, perkebunan maupun perikanan. Tak hanya itu, peserta pawai juga menampilkan berbagai macam kesenian tradisional, yang semakin memeriahkan pawai produk pertanian. 

Mengambil Start di Kantor Desa Tlogo, Kecamatan Kanigoro, pawai produk pertanian diberangkatkan langsung oleh Bupati Blitar Rijanto. Peserta pawai finish di Kantor Bupati di Kanigoro. Ratusan warga pun tumpah ruah ke jalan untuk menyaksikan pawai produk pertanian ini. Mereka nampak antusias mengikuti jalanya pawai.

Dalam sambutanya Bupati Blitar Rijanto mengatakan, Blitar Agro Festival digelar untuk untuk mempromosikan dan mengangkat potensi pertanian serta sebagai bentuk  kepedulian Pemkab Blitar terhadap sektor pertanian.

Dengan kegiatan “Blitar Agro Festival” ini bupati berharap kedepan  mampu mendorong dan meningkatkan daya saing produk-produk pertanian dari Kabupaten Blitar. Serta memberikan semangat bagi para petani untuk terus berinovasi mengembangkan produk-produk pertanian. Sehingga produk pertanian tak hanya berkembang dari segi kuantitas namun juga mengalami peningkatan kualitas.

"Potensi pertanian Kabupaten Blitar sangat luar biasa, inilah yang harus kita kembangkan dan kita tingkatkan dari segi kualitas maupun kuantitas. Dengan demikian kita yakin sektor pertanian di Kabupaten Blitar akan semakin berkembang pesat. Kami Pemkab Blitar melalui dinas terkait terus mendorong para petani Kabupaten Blitar untuk terus maju dan berkembang," ucap Bupati Rijanto. 

Dalam kesempatan itu bupati juga mengucapkan terimakasih kepada Gapoktan dari 22 kecamatan di Kabupaten Blitar yang ikut berpartisipasi mensukseskan pawai. Serta mensukseskan agenda Blitar Agro Festival tahun ini. Lewat even ini pula, bupati mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Blitar untuk melihat dan hadir guna menambah ilmu pengetahuan tentang dunia pertanian.

"Selain pawai kita juga menggelar agro festival. Masyarakat Kabupaten Blitar ayo besok ramai-ramai ikut memeriahkan  Blitar Agro Festival dengan melihat produk-produk unggulan dan alat pertanian di kantor Pemkab Blitar. Utamanya generasi muda bangsa harus bangga dengan petani dan produk pertanian di Kabupaten Blitar," jelasnya.

Lebih lanjut bupati juga mendorong agar kegiatan ini terus digelar setiap tahun. Karena bisa menimbulkan efek yang sangat positif. Dimana masyarakat Blitar bahkan daerah lain bisa mengetahui potensi pertanian yang dimiliki  Kabupaten Blitar. 

"Tentunya hal ini akan mendorong pembangunan. Dan  bisa meningkatkan potensi pertanian yang ada menjadisemakin berkembang," tukasnya.

Blitar Agro Festival digelar  mulai tanggal 3 hingga 5 Desember 2018. Bertempat di halaman Pendopo Sasana Adi Praja di Kecamatan Kanigoro. Pesertanya adalah penggiat pertanian  baik dari tingkat Kabupaten/Kota hingga tingkat regional. Mereka akan memamerkan produk unggulan dan teknologi pertanian diantaranya berbagai jenis buah-buahan, sayuran, pangan olahan serta alat-alat pertanian serta unsur pendukung pertanian lainya.

Setelah dibuka dengan pawai produk pertanian, acara dilanjutkan dengan hiburan campursari dan pembukaan pameran produk unggulan pertanian pada malam harinya. Selain pawai dan pameran produk pertanian, dalam Blitar Agro Festival  ini Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Blitar juga akan melaunching program Petani Go Online.(kmf)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Moch. R. Abdul Fatah
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top