Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Di Tengah Konflik Yayasan dan Rektorat, Kebakaran Undar Murni Kecelakaan atau Sabotase?

Penulis : Adi Rosul - Editor : Yunan Helmy

04 - Dec - 2018, 10:23

Placeholder
Gedung Advance Lecturing Undar yang terbakar semalam mulai dipasangi police line. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

Peristiwa kebakaran yang menghanguskan gedung Advance Lecturing Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang  yang dihuni kantor yayasan, rektorat, FKIP, dan ruang kelas fisipol menuai banyak pertanyaan. Yakni apakah peristiwa itu murni musibah ataukah sabotase. 

Pertanyaan tersebut dilontarkan oleh Ketua Ikatan Alumni Universitas Darul Ulum (IKA Undar) Agus Jui Purnawan saat dihubungi melalui sambungan telepon. Agus Jui melontarkan pertanyaan itu  mengingat beberapa waktu terakhir, pihak yayasan dan rektorat berseteru mengenai pergantian rektor baru. "Nah, saat konflik meruncing, tiba-tiba dua gedung kuliah terbakar," tandasnya. 

Selain itu, Agus Jui mensinyalir adanya ketidakberesan di balik peristiwa kebakaran di kampus yang berdiri tahun 1965 itu. Hingga saat ini, permasalahan antara kedua pihak tersebut belum ada titik temu. "Bisa juga kebakaran ini karena sabotase atau sengaja dibakar. Kami meminta polisi mengusut tuntas kebakaran yang menghanguskan dua lantai tersebut," ujar dia.

Sementara, Sekretaris Yayasan Undar Ali Sukamtono membenarkan adanya konflik antara yayasan dan pihak rektorat belakangan ini. Konflik tersebut, menurut  Ali, berlangsung sebelum adanya peristiwa kebakaran. Hingga saat ini, perseteruan antara yayasan dan rektorat masih berlangsung.

 "Bisa saja ada sabotase terkait kebakaran itu. Namun untuk menyimpulkan, itu menjadi wewenang polisi. Makanya kami meminta polisi mengusut tuntas kasus kebakaran tersebut," tutupnya menanggapi statemen Ketua IKA Undar Agus Jui. 

Seperti diberitakan sebelumnya, gedung tiga lantai  Advance Lecturing hangus terbakar. Kebakaran hebat terjadi di lantai dua dan lantai tiga gedung itu pada Senin (3/12) pukul 18.30 WIB. Pemadaman berlangsung hingga 2,5 jam dengan kekuatan gabungan BPBD dan Polres Jombang.(*)


Topik

Peristiwa berita-jombang konflik-Yayasan-dan-Rektorat Kebakaran kecelakaan Universitas-Darul-Ulum



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

Yunan Helmy