Di Pameran UMKM Kota Batu Juga Jual Pesawat

Salah satu produk UMKM yang dipamerkan di area parkir Jatim Park 3. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu produk UMKM yang dipamerkan di area parkir Jatim Park 3. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES, BATU – Beragam produk Unit Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Batu disuguhkan di halaman parkir Jatim Park 3. Produk-produk yang disuguhkan itu merupakan produk andalan dari 24 desa/kelurahan di Kota Batu.

Seperti halnya Pesawat KWB (free Flight Rubber Powered) yang cukup berbeda dan menarik untuk dibeli. Pesawat ini adalah aeromodelling khusus pesawat tenaga karet yang menggunakan prinsip aerodinamika pesawat sesungguhnya. Produk dari pesawat KWB dibuat mulai dari yang paling sederhana.

Dengan berbahan dasar kayu balsa stick, hard styrofoam, hingga menggunakan kayu balsa dan tisu Jepang (Esaki) dan dengan menggunakan karet khusus FAI (federasi Aeromodelling International) dan sport sebagai penggerak atau motornya.

Selain itu ada juga produk olahan makanan dan minuman yang sudah dikemas dengan menarik. Ada juga produk yang dibuat dari olahan kayu dikemas cantik menjadi tas, tempat tisu, hiasan rumah, dan sebagainya. Ada juga kopi khas Kota Batu, dan batik lokal.

Kepala Dinas Koperasi Unit Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu Eko Suhartono menjelaskan pameran ini akan berlangsung sejak 6-9 Desember 2018. Yang diikuti kurang lebih 49 peserta.

“Memang belum semua UMKM di Kota Batu yang mengikuti pameran ini. Tetapi kedepannya kami ingin bisa menampung semuanya,” ujar Eko.

Menurutnya, adanya pameran ini sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pemberdayaan UMKM di Kota Batu. Sekaligus memberikan wadah promosi produk UMKM di tengah tempat wisata di Kota Batu.

“Ini juga untuk mempromosikan produk UMKM Kota Batu kepada wisatawan di tempat wisata. Supaya mempertemukan langsung konsumen dan produsen,” imbuhnya.

Lalu juga untuk bagian dari proses mempersiapkan usaha sebagai promosi. Dan membangkitkan minat untuk memperluas jaringan usaha.

Sementara itu Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menambahkan agar pameran UMKM Kota Batu itu bisa digelar setiap tahunnya. Namun dengan terus mengembangkan inovasi.

“Pameran berikutnya harus dibuat dengan inovasi yang lebih bagus lagi. Ya supaya nanti pengunjung yang datang itu berkesan,” ujar Punjul.

Selain itu Punjul juga meminta kepada pelaku UMKM agar terus mengembangkan pangsa pasar di berbagai daerah. Tidak hanya offline, tetapi juga online.

“Harus dikembangkan terus cara menjual produknya. Kalau bisa harus dipasarkan secara online supaya produk UMKM di Kota Batu berkembang,” harapnya.

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Batu TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top