Dinas Perizinan Jemput Bola Layanan Gratis SIUP UMKM

Pendampingan dan pendaftaran SIUP online UMKM
Pendampingan dan pendaftaran SIUP online UMKM

JATIMTIMES, PASURUAN – Guna mempercepat proses perizinan satu pintu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Pasuruan jemput bola memberikan layanan bagi pelaku UMKM. Selain prosesnya mudah dan cepat, layanan ini juga tidak berbayar alias gratis.

Proses perizinan ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2009 lalu, namun tidak dimanfaatkan secara maksimal. Seiring berjalannya waktu, kemudahan layanan ini juga dapat dilakukan online.

Cukup bermodalkan NPWP, KTP, dan alamat email aktif, dokumen itu didaftarkan melalui sistem Online Single Submission (OSS). Tak lebih dari 20 menit, ia sudah mendapatkan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang berlaku seumur hidup.

Dian Puspawati, Kabid Perizinan Usaha DPMPT Kabupaten Pasuruan, menyatakan, hingga saat ini sudah lebih dari 4.000 UMKM mendaftarkan usahanya. Sementara jumlah pelaku UMKM terus tumbuh hingga mencapai angka 10.000.

“Kami memberikan kemudahan dengan layanan online untuk mendapatkan izin usaha pelaku UMKM,” kata Dian.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pasuruan, Andri Wahyudi, mengatakan, kepemilikan izin usaha ini menjadi salah satu syarat bagi pengembangan usaha. Karena dengan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), pelaku UMKM juga bisa mendapatkan pinjaman modal dari perbankan.

“Pelaku UMKM kami dorong untuk memiliki izin yang dapat diperoleh dengan mudah dan gratis. Kami akan mendampingi para pelaku UMKM mendapatkan pinjaman dari bank dengan bunga rendah yakni 6-7 persen,” kata Andri Wahyudi yang juga ketua DPC PDIP Kabupaten Pasuruan. (*)

 

Pewarta : Arisandi Pasuruantimes
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Pasuruan TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top