Reakreditasi Kampus, Tim BAN PT Kunjungi Unisba Blitar

Tim Asesor BAN PT mewawancarai Alumni Unisba Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Tim Asesor BAN PT mewawancarai Alumni Unisba Blitar.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

JATIMTIMES, BLITAR – Tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi dalam rangka reakreditasi institusi di Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar, 6-8 Desember 2018.

Hadir pada acara pembukaan Rektor Unisba Blitar, Drs Soebiantoro, MSi, para Wakil Rektor, jajaran Dekan dan Kaprodi di lingkungan Unisba, dosen, mahasiswa, alumni dan mitra kerja Unisba Blitar.

Wakil Rektor I Unisba Blitar, Dr.H Supriyono, M.Ed, mengatakan re-akreditasi merupakan hal yang sangat penting bagi Unisba. Karena di tahun 2019 Unisba Blitar akan melakukan konsolidasi yang ketiga dalam rangka pengembangan perguruan tinggi yang unggul di segala lini.

“Reakreditasi penting untuk mendorong percepatan universitas ini menjadi The Entrepreneurial University yang di dalamnya memberikan layanan akademik dan non akademik, khususnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemudian kewirausahaan dan pengembangan nilai-nilai islam,” terang Supriyono kepada BLITARTIMES, Jumat (7/12/2018).

Di bidang IPTEK, lanjut dia, Unisba Blitar akan melakukan percepatan baik di dalam bidang digital, E Learning, library dan online learing. Sementara di bidang kewirausahaan selain mahasiswa menerima mata kuliah kewirausahaan 1, 2 dan 3, juga akan dilakukan magang dan bisnis incubator serta training yang diberi nama Samurai Bisnis School Unisba Blitar.

“Samurai itu kepanjangan dari Saudagar Muda Kreatif Indonesia. Program ini wajib diikuti oleh semua mahasiswa. Nanti ada pengusaha-pengusaha dan praktisi-praktisi yang akan mengajari mereka,” tambah dia.

Sementara di bidang pengembangan nilai-nilai islam, Unisba akan mengembangkanya melalui Islamic Learning Society. “Lewat program ini kami akan mengembangkan islam yang rahmatan lil alamin, Dan mahasiswa menjadi pribadi yang bertakwa, berilmu dan handal secara skill. Mereka tidak perlu cari kerjaan, pekerjaan yang mencari mereka. Sehingga secara akademik dan fasilitas kita siapkan. Di barat gedung baru ini akan kami siapkan fasilitasnya, seperti perpustakaan dan e learning center,” paparnya.

Dikatakan, reakreditasi merupakan peristiwa alami di dunia peguruan tinggi. Dalam hal ini, kinerja universitas selama empat tahun terakhir dilihat kembali oleh tim assessor. Supriyono optimis, dengan segala yang dimiliki Unisba Blitar akan mampu meraih Akreditasi B.

“Kita buat sistem melalui sistem penjaminan mutu untuk merangkum seluruh kegiatan kita. Harapan kami Unisba Blitar akan mendapatkan Akreditasi B,” katanya.

Pada visitasi kali ini, tim asesor dari BAN-PT terdiri dari empat orang asesor, yaitu Prof Agus Buono (Institut Pertanian Bogor), Muhammad Nadjib (Universitas Hasanudin), Nanik Prihartanti (Universitas Muhammadiyah Surakarta), Ir Joko Samiaji (Universitas Riau).
Proses visitasi ini diisi dengan peninjauan kondisi di lapangan, termasuk juga mengadakan wawancara dengan berbagai pihak terkait. Para stakeholder yang dikonfirmasi langsung oleh para asesor adalah wakil-wakil dosen, wakil-wakil tenaga kependidikan, wakil-wakil mahasiswa, wakil-wakil alumni, serta wakil dari pengguna alumni.

“Data yang kami peroleh ini akan disimpulkan dalam rapat. Apa yang kami peroleh akan kami laporkan kepada BAN PT. Hasil akreditasi keluar tidak lama, biasanya seminggu sudah keluar. Tapi ada juga yang berlarut-larut hingga satu bulan. Dengan sistem akreditasi berbasis online saat ini, rata-rata prosesnya cepat,” pungkas Nadjib selaku salah satu asesor.(*)
 

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : A Yahya
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top