Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Olahraga

Trial Game Asphalt 2018 Jadi Barometer Extreme Sports di Indonesia

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Yunan Helmy

13 - Dec - 2018, 12:04

Placeholder
Germain Vincenot saat sesi konferensi pers.(istimewa)

Ajang supermoto bergengsi bertajuk Trial Game Asphalt 2018  segera bergulir di Sirkuit Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu 15 Desember. Seri terakhir yang sekaligus menjadi babak penentuan predikat juara umum ini membuat para rider top Indonesia dan mancanegara siap bertarung habis-habisan.

Atmosfer race dipastikan bertambah sengit dan ketat dengan hadirnya  rider supermoto internasional. Nama-nama seperti Lewis Cornish, Germain Vincenot. dan Jan Deitenbach akan menarik pedal gasnya di kelas FFA 450 International Championship.

Didatangkan khusus oleh 76RIDER, pebalap internasional itu diharap bisa meningkatkan kualitas balap supermoto yang sekaligus menjadikan Trial Game Asphalt 2018 sebagai barometer extreme sports di Indonesia.

"Final Trial Game Asphalt 2018 di Malang akan menjadi perang bintang pebalap supermoto Indonesia maupun dunia. Kami harapkan, dengan kehadiran mereka, akan tersaji persaingan yang kompetitif dan sehat antarpebalap. Ini juga salah satu upaya kami mengangkat gelaran ini sebagai barometer extreme sports tanah air,"  ujar Mario CSP dari 76RIDER.

Sementara, Lewish Cornish mengaku tak sabar untuk menarik pedal gas melawan rider-rider top Indonesia di lintasan Kanjuruhan yang dikenal sangat menantang. "Saya sangat bersemangat dan tidak sabar untuk tampil di Trial Game Asphalt Malang. Saya sudah bilang ke Jan dan Germain kalau kita akan sangat menikmati jalannya race nanti. Pasti akan sangat luar biasa," ungkap Lewish yang merupakan juara FIM ASIA Supermoto 2017 lalu.

Tantangan para pebalap dunia tersebut langsung direspons oleh sejumlah rider papan atas Indonesia. Mereka telah mempersiapkan diri untuk tampil dalam kondisi terbaik.

Beberapa nama besar yang sudah dipastikan turn adalah Doni Tata yang juga merupakan juara umum Trial Game Asphalt 2018, Farudilla Adam, Tommy Salim, serta dua rider yang akan berlaga di FIM Supermoto Asia Ivan Harry Nugraha dan Pedro Wunner. 

Juga ada Dimas Ekky dan Gerry Salim. Keduanya merupakan pebalap yang saat ini tengah berada di ajang Moto 3 CEV dan Moto 2 CEV.

Pertarungan antar-rider nasional dan Eropa di kelas FFA 450 internasional ini memang telah ditunggu-tunggu oleh para penggemar balap supermoto. Namun, pertarungan di kelas lainnya tidak akan kalah seru. Apalagi sampai putaran ke-4 yang dirampungkan di Sirkuit Boyolali, belum ada satu pun gelar juara terkunci. Tahta juara juga masih sengit diperebutkan masing-masing kelas seperti utama FFA 250, trail 175 open, serta kelas trail 175 non-pro.

Kelas utama FFA 250 tentu yang paling panas mengingat perebutan titel juara umum yang menjadikan sebagai the batlle of champions. Bahkan pebalap nasional Gerry Salim juga sudah tidak sabar untuk segera turun di Sirkuit Stadion Kanjuruhan.

Menurut informasi, Gerry akan turun di empat kelas, yakni 175 open, 250 open, FFA 250, dan FFA 450. "Menurut saya, tahun ini persaingan akan lebih keras. Semua pebalap yang main di Trial Game Asphalt kencang-kencang semua," ungkap juara Asia Road Racing Championship 2017 kelas AP250 ini.  

Sehati dengan Gerry, Dimas Ekky Pratama yang tahun depan akan berlaga di GP Moto 2 ini optimistis mampu meraih podium. Dan kehadiran pebalap internasional menjadikan semangat sendiri. "Tentu akan makin seru dan kompetitif. Saya optimis bisa bersaing dan tampil dengan baik," kata pebalap berjuluk Red Forehead ini.

Trial Game Asphalt 2018 sendiri sebelumnya sudah bergulir di empat seri, yakni Semarang, Jogjakarta, Solo dan Boyolali. Seri terakhir di Sirkuit Stadion Kanjuruhan Malang nanti, para rider terlebih dulu menjalani sesi kualifikasi pada Jumat 14 Desember 2018 untuk menentukan pole position. Lalu, Sabtu adalah race day dengan konsep balapan digelar dua kali yakni sore dan malam hari. (*)

 


Topik

Olahraga Barometer-Extreme-Sports-di-Indonesia Trial-Game-Asphalt-2018 Sirkuit-Stadion-Kanjuruhan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Yunan Helmy