Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Kunjungi Peternak di Blitar, Menko Perekonomian Janji Atasi Krisis Jagung

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

14 - Dec - 2018, 07:19

Placeholder
Menteri Darmin (tengah) bersama Gubernur Jatim Soekarwo.(Foto : Team BlitarTIMES)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjanjikan kebutuhan jagung bagi peternak tercukupi. Dia juga mengatakan pemerintah berupaya serius menangani kelangkaan jagung yang terjadi di Indonesia khususnya Jawa Timur.

Hal ini diucapkan oleh Menteri Darmin kepada peternak yang dia temui di  Lapangan Desa Kebonduren, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Kamis (13/12/2018) sore kemarin.

“Kami coba atasi kelangkaan jagung di Indonesia dengan impor. Ini malah sudah dua kali masuk, tapi kan sekali masuk kan 15 ribu,” ucap Darmin kepada awak media.

Dikatakan, kenaikan 5 ribu per kilogram dan kelangkaan jagung saat ini disebabkan kurangnya pasokan. Guna mengatasi hal tersebut, pemerintah akan siap impor bila memang itu dibutuhkan. Penambahan stok jagung dalam negeri dirasa dibutuhkan khususnya di Jawa Timur.

 Kabupaten Blitar, menurut Darmin, menjadi prioritas karena menyumbang 70 persen produksi telur di Jawa Timur dan urutan kedua terbesar di Indonesia. “Kami akan berupaya agar jangan sampai harga jagungnya naik lagi,” tegas dia.

Apa yang disampaikan Menko Darmin Nasution mendapat tanggapan positif dari peternak Blitar. Pengurus Paguyuban Peternak Rakyat Nasional  (PPRN) Kabupaten Blitar Sukarman berharap apa yang diucapkan menteri itu dapat benar-benar direalisasikan.

“Dalam sehari Kabupaten Blitar membutuhkan lebih dari 400 ton jagung. Dan hingga saat ini masih kesulitan. Terlebih harga jagung di umum itu melonjak hingga Rp 5.800 per kilogram,” katanya.

Lanjut dia juga berharap pemerintah bisa segera memberikan solusi agar harga telur bisa terus stabil. Menurut Sukarman, harga telur saat ini sedang dalam kondisi bagus. Solusi dibutuhkan agar peternak tidak sampai merugi dengan mahalnya harga jagung.

“Prediksi kami, harga telur akan turun di bulan Januari. Yang penting itu jagung. Jangan sampai ketika harga telur turun, peternak merugi,” ujarnya. (*)

 

 


Topik

Ekonomi blitar berita-blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy