BPJS Makin Tegas Atur Iuran Peserta Jaminan Kesehatan

Indrina Darmayanti kepala BPJS Cabang Tulungagung / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES
Indrina Darmayanti kepala BPJS Cabang Tulungagung / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES

JATIMTIMES, TULUNGAGUNG – Peraturan Presiden (Perpres) nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan mulai disosialisasikan oleh BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung ke media. Saat gathering bersama beberapa jurnalis media di Tulungagung, Kepala BPJS kesehatan Cabang Tulungagung, Indrina Darmayanti mengatakan jika perubahan Perpres ini penyempurnaan regulasi sebelumnya. 

“Perubahan ini perlu diketahui para pihak yang berkepentingan, peserta JKN-KIS serta masyarakat umum,” terang Indrina.

Perpres yang akan berlaku efektif pada 18 Desember 2018  nanti akan lebih tegas mengatur iuran kepesertaan jaminan kesehatan. Hal lain yang di sampaikan Indrina adalah jika pemberi kerja tidak membayar iuran bulan berjalan, maka pada tanggal 1 bulan berikutnya layanan akan dihentikan sementara.

“Jadi langsung seketika, kartunya tidak bisa digunakan di bulan berikutnya. Jika ingin aktif kembali harus bayar tunggakan, plus iuran bulan berjalan,” ungkapnya. 

Jika tunggakan iuran yang sudah bertahun-tahun, jumlah iuran bulan yang harus dibayarkan juga bertambah. Sebelumnya yang menunggak selama tiga tahun misalnya, untuk mengaktifkan kembali dia cukup membayar iuran selama 12 bulan. Di Perpres baru ini, untuk mengaktifkan kepesertaan karena lama tidak bayar iuran, harus membayar iuran selama 24 bulan, ditambah iuran bulan berjalan.

“Ayo yang nunggak lama dibayar sebelum 18 Desember 2018. Karena setelah 18 Desember 2018, pengaktifannya harus bayar dua kali lipat dibanding aturan sebelumnya,” ujar Indrina. 

Sedangkan bagi bayi yang baru lahir dari ibu peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI), maka otomatis akan ditetapkan sebagai peserta PBI.

Pewarta : Anang Basso
Editor : A Yahya
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Tulungagung TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top