5 Varian Bus Tingkat Double Decker Tercantik di Indonesia

Legacy SR2 Double Decker (foto: mobilmo.com)
Legacy SR2 Double Decker (foto: mobilmo.com)

JATIMTIMES, MALANG – Anda sudah pernah naik bus tingkat? Bus tingkat atau bus double decker yang trennya terus bergeliat otomatis mempengaruhi industri karoseri di Indonesia. 

Sejumlah industri karoseri yang memiliki kemampuan engineering untuk memproduksi body bus double decker banyak yang gatal memproduksi bus-bus double decker terbaik.

Beberapa di antaranya memproduksi bus double decker untuk sejumlah PO operator bus malam di Pulau Jawa dan Sumatera. 

Dan beberapa lainnya merakit bus double decker untuk pariwisata dan pesanan Transjakarta dalam rangka program CSR di Jakarta.

Lantas apa saja varian bus tersebut? Berikut rangkuman 5 varian bus double decker tersyantik di Indonesia.

1. Jetbus 2+ Super Double Decker 

 

Tren bus double decker untuk bus AKAP diperkenalkan pertama kali oleh Adiputro dengan produk double deckernya pada ajang GIIAS 2015.

Perusahaan asal Malang, Jawa Timur itu menampilkan bus tingkat dengan model jetbus 2+ SDD yang memiliki kapasitas 74 tempat duduk.

Bus double decker ini sekaligus menjadi project bus super double decker pertama di karoseri ternama Adiputro  Menggunakan sasis Mercedes Benz OC 500 RF 2542, kinerja mesinnya sepenuhnya dikendalikan oleh komputer.

Lantai bawah bus double decker ini dirancang sebagai kelas super executive lengkap dengan fitur TV di masing-masing kursi penumpang layaknya kursi plus eksekutif di penerbangan lintas benua. 

Lantai atas jumlah lantai jumlah kursinya lebih banyak dan dirancang dengan dua bangku di masing-masing baris kiri dan kanan yang dipisahkan oleh lorong. 

Menghubungkan lantai bawah dan deck lantai atas, ditempatkan sebuah anak tangga dengan desain setengah melingkar.

Untuk mengakomodasi barang bawaan penumpang, di langit-langit ditempatkan bagasi lengkap dengan penutupnya sehingga kabin terkesan eksklusif ala pesawat terbang. 

Di masing-masing kursi deck atas ini juga tersemat personal audio video on demand.  

Sales Marketing Adiputro mengungkapkan, untuk merancang desain karoseri yang menarik, pihaknya berpatokan dari perkembangan model bus di Eropa, khususnya Jerman. 

Kendaraan double decker yang ditampilkan itu pun juga terinspirasi dari bus di Jerman.

2. Jetliner Double Deck

 

Karoseri Rahayu Santosa Bogor sukses memproduksi bus tingkat yang diberi nama Jetliner Double Deck yang dirilis pada akhir tahun 2016. 

Varian jetliner double deck pertama PT Rahayu Santosa ini dibangun diatas sasis Mercedes Benz OC 500 RF 2542. 

Memiliki dimensi panjang 13500 mm, tinggi 4150 mm, dan lebar 2500 mm. 

Dibangun dengan konsep lebih modern, jetliner double decker ini dilengkapi perangkat hiburan tuga unit tv LCD, 1 unit di lantai bawah dan 2 unit di lantai atas.

Kursi yang ada di bawah dilengkapi penyangga kaki sehingga penumpang bisa menikmati perjalanan dengan nyaman. 

Bus 2 lantai ini memiliki kapasitas 59 seat, setara bus antarkota antarprovinsi kelas eksekutif dengan jarak antarbangku yang relatif renggang untuk ukuran orang Indonesia. 

Di samping kanan dan kiri kaca depan bagian atas dilengkapi penahan ranting untuk mengurangi dampak terhadap kaca atas bila terkena ranting pohon saat bus berjalan.

3