Teknologi Kekuatan Superhero Ini Dikembangkan Para Ilmuwan di Dunia

Foto utama. Alat Metalimbs bertangan dua yang dikembangkan peneliti asal Jepang. (Foto: youtube)
Foto utama. Alat Metalimbs bertangan dua yang dikembangkan peneliti asal Jepang. (Foto: youtube)

JATIMTIMES, BATU – Kekuatan super pada diri superhero telah memberikan imajinasi dan inspirasi bagi perkembangan teknologi selama puluhan tahun. Dari sanalah, saat ini banyak teknologi yang berkembang di masyarakat untuk memberikan kemudahan.

Kebanyakan superhero dari komik mendapatkan kekuatan super dari cara yang aneh. Misalnya Peter Parker menjadi Spiderman karena gigitan laba-laba. Lalu Hulk memiliki kekuatan hebat setelah terkena ledakan nuklir. Iron Man didukung  baju perang dengan teknologi yang canggih. 

Nah, berikut daftar teknologi kekuatan superhero yang dikembangkan para ilmuwan dunia.

1. Jas Anti-Peluru

Kaum pria sebentar lagi akan memiliki setelan jas termahal di dunia dan antipeluru. Namanya The Diamond Armor Swit. Setelan jas ini memiliki fasilitas tahan air, anti-peluru, dan didekorasi dengan 888 butir berlian hitam. 

Jas itu dirancang oleh perusahaan jas di Zurich. Jas ini menghadirkan kombinasi kemewahan, seni, dan teknologi serta tampaknya sangat cocok digunakan dalam film terbaru James Bond, Zero Seven. Setelan jas anti-peluru ini sesuai dengan standar NATO. Pakaiannya nyaman dan dilengkapi dengan sistem pendingin.

Yang membedakan dengan jas mewah lainnya di pasaran, jas ini pada level 2 yang menyamai rompi anti-peluru. Selain berhias berlian, setelan ini berhiaskan berlian emas yang tersertifikasi sebagai terbukti kualitasnya yang eksepsional. Kancing terbuat dari baja 316 L dan 360 berlian hitam dibuat dengan kemahiran warga Swiss oleh penjahit yang berpengalaman. 

2. Playa Crawller 

Terinspirasi dari kecintaannya terhadap seni-seni mobil mutan, kursi kaki-kaki laba-laba robotik memungkinkan playa crawller berjalan di atas batu berpasir. Teknologi ini menggunakan baterai asap timbal sumber tenaganya. Kursi ini terbuat dengan alumunium rangka baja. Tetapi kursi ini tidak disarankan untuk menjadi kursi roda, tetapi dikembangkan untuk kendaraan militer.

3. Metalimbs

Tangan manusia hanya ada dua. Tapi dengan alat metalimbs, manusia bisa punya tangan ekstra. Itu dari hasil sekelompok peneliti Jepang menciptakan tangan robotik yang bisa digunakan manusia. Tangan bisa membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik.

Alat ini diberi multiple arms interaction metamorphism. Bisa digunakan dengan cara dipakai dipunggung seperti tas ransel. Juga memiliki sensor robotik yang bisa membaca gerakan kaki dan lutut penggunanya. Dengan sensor itulah, pengguna bisa menggunakan metalimbs. Ketika menekuk jari tangan, robotik melakukan hal sama sehingga memudahkan pengguna. 

4. Lenas Bionic

Mata manusia normal hanya bisa melihat sejauh 30 meter. Karena itulah, dr Grabweb sebagai pencipta lensa bionis, menjanjikan kemampuan pengelihatan yang luar biasa 3 kali lebih baik menggunakan lensa ini. 

Lensa implan ini diberi nama The Ocumetics Bionic Lens. Untuk segala usia. Cara kerjanya menggantikan kerja alami lensa mata  dengan cara dilipat dan disuntikkan ke mata menggunakan jarum suntik salin. Proses penanamannya butuh waktu singkat 8 menit. 

5. Project Centauro 

Pada masa depan, robot untuk misi pencarian dan penyelamatan mungkin berwujud centaur atau makhluk yang berwujud setengah manusia dan kuda. Para peneliti di Jerman menunjukkan desain baru memanfaatkan robot 4 kaki dan 2 lengan robot berkaki 4. Dirancang untuk membantu menghadapi bencana. Sehingga ke depannya, saat ada bencana, robot ini akan tanggap menolong manusia

6. Talos

Peniliti militer Amerika Serikat sedang meneliti seragam militer tercanggih yang bakal digunakan dalam misi spesial yang dapat melindungi secara maksimal. Mereka mengklaim seragam ini canggih layaknya baju superhero Iron Man sehingga diberi nama The Tactical Assault Light Operator Suit.

Baju itu bisa menghentikan pendarahan sementara. Lalu anti-peluru dan memantau tanda-tanda vital dengan memiliki kemampuan melihat dalam kondisi malam. Rencananya akan diluncurkan tahun 2019. (*)

Pewarta : Irsya Richa
Editor : Yunan Helmy
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Batu TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top