Kembali Dilirik Produser, Novel Karya Mahasiswi di Malang Ini Diangkat Jadi Film

Luluk HF, novelis kenamaan yang juga merupakan mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) saat memamerkan novel terbarunya, Mariposa (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Luluk HF, novelis kenamaan yang juga merupakan mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) saat memamerkan novel terbarunya, Mariposa (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

JATIMTIMES, MALANG – Para pecinta novel tentu sudah tak asing lagi dengan sosok Luluk HF, penulis muda asal Lamongan, Jawa Timur yang kini tengah mengenyam pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Sederet karyanya selalu berhasil menyedot perhatian dan dibaca jutaan kali secara online melalui berbagai aplikasi, salah satunya Wattpad.

Setelah pertengahan 2018 ini Luluk sukses dengan novelnya yang berjudul EL dan diangkat sebagai karya film dengan judul yang sama, kini karya yang baru saja ia cetak kembali dilirik produser film. Novel berjudul Mariposa yang baru dilaunching hari ini, Selasa (25/12/2018) rencananya akan kembali difilmkan pada 2019 mendatang.

"Sebelum cetak, Alhamdulillah saya sudah tandatangan kontrak dengan Starvision dan Mariposa akan kembali diangkat menjadi film," terang Luluk pada wartawan dalam launching novel yang digelar di Gramedia Malang Town Square, Selasa (25/12/2018).

Dengan tawaran itu, maka Mariposa merupakan novel ke dua yang difilmkan. Namun berbeda dengan EL yang terlebih dulu difilmkan, Mariposa memiliki alur cerita yang jauh berbeda. Kali ini, Luluk ingin mengangkat cerita yang lebih ringan melalui genre teen viction comedy. Di mana ada beberapa konflik yang banyak dialami para remaja usia SMA pada umumnya.

Dua karakter yang dihadirkan dalam Novel Mariposa adalah sosok remaja laki-laki bernama Iqbal yang berhati dingin dan belum pernah pacaran dan dikejar-kejar oleh remaja putri energik yang sangat cerdas bernama Acha. Sama dengan judulnya yaitu Mariposa, cerita ini terinspirasi oleh seekor kupu-kupu yang saat dikejar akan terus berlari, namun belum tentu lari atau bahkan menghampiri seseorang ketika tidak dikejar.

"Dan dalam cerita ini sebenarnya pure saya ingin menggambarkan seorang remaja yang lebih dulu menyukai seorang laki-laki. Tapi kisahnya lebih ringan dan dapat dinikmati segala usia, mulai dari SMP sampai SMA," imbuhnya.

Bukan hanya kisah percintaan, di dalamnya juga banyak menyimpan pesan moral. Salah satunya konflik yang dialami seorang remaja kelas 3 SMA yang tidak lolos dalam ujian masuk perguruan tinggi negeri. Di sana, karakter Iqbal akan dihadapkan dengan dua pilihan yaitu memilih untuk melanjutkam studi di dalam atau luar negeri.

"Dan konflik-konflik seperti itu yang sedikit membedakan dari Wattpadd. Tapi secara keseluruhan ceritanya nggak banyak yang beda," imbuhnya lagi.

Sementara terkait rencana pembuatan filmnya, Luluk sendiri akan dilibatkan lebih jauh lagi. Diantaranya mulai dari proses casting hingga penyusunan skenario. Karena pada EL yang lebih dulu difilmkan, keterlibatannya hanya sekitar 45 persen saja, dan kali ini rencananya lebih dilibatkan lebih jauh lagi.

Melihat dari karakter tokoh, ia pun memiliki satu nama selebriti di Indonesia yang cocok untuk memerankan sosok Acha (tokoh utama perempuan). Namun dia enggan menyebutkan siapa sosok yang diidamkannya itu. Sedangkan untuk tokoh utama laki-laki yaitu Iqbal, ia mengaku masih belum memiliki pandangan sama sekali terkait siapa yang pas untuk memerankannya.

"Tapi ini kan masih akan dijalankan. Semoga saja nanti saya bisa terlibat lebih jauh dan semua berjalan dengan lancar," tambahnya lagi.

Novel Mariposa sendiri saat ini sudah cetak dua kali sejak masa pre order yang dilakukan pada 27 November hingga 11 Desember 2018. Selama masa pre order (PO), total hampir 18 ribu eksemplar novel yang berhasil terjual. Angka itu belum termasuk dengan penjualam novel di hari pertama saat launching yang dilakukan pada Selasa (25/12/2018) ini.

"Dibandingkan dengan EL, penjualan Mariposa memang berkali lipat. Untuk EL cetak dua kali dan terjual 20 ribu," tambah perempuan berhijab itu.

Selain itu, Mariposa merupakan novel yang pembacanya paling banyak dibaca dulu Wattpad Indonesia. Total pembacanya sudah mencapai lebih dari 70 juta kali. Proses penulisan dari setiap bagian cerita sudah ada sejak satu tahun yang lalu, dan proses cetak menjadi novel membutuhkan waktu selama empat bulan.

 

Pewarta : Pipit Anggraeni
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top