Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Unisba Blitar Raih Akreditasi B dari BAN PT

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Yunan Helmy

28 - Dec - 2018, 14:01

Placeholder
Rektorat Unisba Blitar bersama jajaran dekan di acara yudisium sarjana tahun 2017/2018.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar meraih akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Raihan ini menjadi kado manis akhir tahun bagi kampus terbesar di Blitar Raya ini.

Wakil Rektor I Unisba Blitar Dr H Supriyono MEd menegaskan prestasi ini merupaka gambaran kinerja yang ada di Unisba Blitar. Sehingga ini merupakan kinerja bersama dari seluruh komponen civitas akademika mulai dari jajaran rektorat, dekan, kaprodi, dosen, pegawai, mahasiswa, alumni, termasuk hubungan dengan stakeholders dan pengguna.

“Prestasi ini membuat kita percaya diri untuk menjadi entrepreneurial university, universitas yang berbasis kewirausahaan. Setelah akreditasi B ini, kami akan bergerak ke akreditasi internasional, yaitu memakai higher education innovate yang ada di Eropa,” kata Supriyono kepada BLITARTIMES, Jumat (28/12/2018).

Dia menambahkan, saat ini hampir seluruh prodi di Unisba Blitar telah terakreditasi B. Tercatat dari 18 prodi, 15 prodi sudak akreditasi B. Unisba akan terus berupaya meningkatkan mutu dengan reakreditasi 3 prodi pada tahun depan. “Tahun depan kita reakreditasi 3 prodi itu dan targetkan meraih akreditasi B,” tegasnya.

 Reakreditasi merupakan peristiwa alami di dunia peguruan tinggi. Tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi dalam rangka reakreditasi institusi di Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar, 6-8 Desember 2018. 

Kunci sukses Unisba Blitar meraoh akreditasi B, sambung Supriyono, adalah teamwork yang baik di antara seluruh civitas academica. Kemudian fokus terhadap visi dan misi kampus.  Juga melakukan triple helix, yakni suatu hubungan antara universitas, dunia usaha, pemerintah, dan masyarakat.

“Dalam triple helix, masyarakat yang kita maksud adalah UMKM dan kelompok masyarakat yang mengembangkan diri dalam ekonomi kreatif,” paparnya.

 Warek I menyampaikan, kunci sukses lain diraihnya akreditasi B adalah mahasiswa dan lulusan. Saat ini Unisba Blitar memiliki banyak mahasiswa yang kreatif. Sementara terkait lulusan, saat ini banyak alumni Unisba Blitar yang memiliki peran bagus di masyarakat.

“Saat reakreditasi kemarin alumni dikumpulkan dan mereka ditanyai olek assessor dan semuanya sukses di masyarakat. Rata-rata alumni menjadi penggerak pembangunan di masyarakat. Ini kontribusi yang sangat bagus dan merupakan kebanggaan bagi kami,” ungkapnya. (*)


Topik

Pendidikan blitar berita-blitar Unisba-Blitar-akreditasi-B Badan-Akreditasi-Nasional-Perguruan-Tinggi Wakil-Rektor-I-Unisba-Blitar Dr-H-Supriyono-MEd



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Yunan Helmy