Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Pertama di Jawa Timur, PMI Kabupaten Malang Bangun Rumah Sakit

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : A Yahya

28 - Dec - 2018, 20:16

Placeholder
Wakil Bupati Malang H.M Sanusi (tengah) saat peletakan batu pertama dalam pembangunan Rumah Sakit Umum Palang Merah Indonesia Kabupaten Malang, Kecamatan Ngajum (Foto : Humas Pemkab Malang for MalangTIMES)

Dalam hitungan hari, pergantian tahun 2019 bakal terjadi. Berbagai terobosan dan inovasi, terus diupayakan pemerintah Kabupaten Malang. Salah satunya dalam bidang kesehatan. Rencananya, tahun depan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang, bakal memiliki Rumah Sakit Umum (RSU), yang berlokasi di Desa Ngasem, Kecamatan Ngajum. 

“Dengan adanya terobosan ini, kami berharap akan menjadi sarana kemanusiaan sekaligus mempermudah tugas PMI dalam bidang sosial. Jika melihat data, berbagai bencana memang marak terjadi di Kabupaten Malang, bahkan tidak jarang ada yang memakan korban jiwa,” kata Wakil Ketua PMI Kabupaten Malang, Willem Petrus Salamena, Jumat (28/12/2018). 

Willem menambahkan, RSU dengan tipe C ini, bakal dibangun di lahan seluas 2.700 meter persegi. Dimana, terdapat 84 kamar yang terdiri dari tiga lantai. “Kami berharap pembangunan bisa terealisasi selama dua tahun ke depan. Namun target kami, pada 2019 mendatang RSU ini sudah bisa beroprasi,” imbuh Willem, saat ditemui di sela-sela agenda peresmian RSU. 

Dalam agenda kali ini, turut dihadiri jajaran Forkopinda Kabupaten Malang. Selain Wakil Bupati Malang H.M Sanusi, beberapa tamu undangan seperti Ketua DPRD Kabupaten Malang, Drs. Hari Sasongko, Dandim 0818 Kabupaten Malang dan Kota Batu, Letkol Inf. Ferry Muzzawad dan Wakil Ketua PMI Provinsi Jawa Timur, Prof. Dr. H. Rohiman Sasmita, juga menghadiri agenda peresmian pembangunan RSU PMI yang baru pertama kali diadakan di Jawa Timur ini.

Dalam sambutannya, Sanusi menuturkan, jika pihaknya bakal mendukung penuh terobosan yang digagas PMI Kabupaten Malang tersebut. Dia berharap, pada tahun 2019 rumah sakit sudah bisa beroperasi, dan melayani masyarakat. “Saya sudah berkoordinasi dengan DPRD Kabupaten Malang. Nantinya jika ada dana hibah, maka akan kami salurkan guna kepentingan pembangunan RSU PMI Kabupaten Malang ini,” pungkasnya.

 


Topik

Kesehatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

A Yahya