Gaun Bertema Nyi Roro Kidul, Pantai Balekambang, dan Pura Luhur Amertha Jawara Kostum Karakter Kabupaten Malang

Gaun bertema Pantai Balekambang (foto: Imarotul Izzah/Malang Times)
Gaun bertema Pantai Balekambang (foto: Imarotul Izzah/Malang Times)

JATIMTIMES, MALANG – Siapa yang tak pernah mendengar nama Nyi Roro Kidul? Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan adalah sosok legendaris yang dikenal sebagai penguasa Pantai Selatan. Sosok ini sangat populer, terutama bagi masyarakat Pulau Jawa dan Bali.

Nah, salah satu pantai di wilayah selatan yang cukup terkenal adalah Pantai Balekambang. Pantai Balekambang adalah destinasi wisata di Malang yang menjadi favorit bagi wisatawan lokal maupun luar.

Selain memiliki pemandangan yang indah, di Pantai Balekambang terdapat sebuah pulau yang terletak menjorok beberapa meter ke Iaut. Tepat di atas pulau tersebut, terdapat sebuah pura yang digunakan masyarakat setempat untuk bersembahyang.

Antara pulau dengan pinggir pantai dihubungkan dengan sebuah jembatan. Pulau tersebut bernama Pulau lsmoyo, sedangkan pura yang ada di atasnya bernama Pura Luhur Amertha Jati.

Nah, berangkat dari keunggulan dari pantai selatan tersebut, sekelompok pemuda yang tergabung dalam Gober (Gondanglegi Bersatu) merancang sebuah gaun yang mengangkat tema Pantai Balekambang.

"Ini temanya mengangkat tema dari Pantai Selatan, yaitu pantai Balekambang. Kita ambil iconnya itu Pura Ismoyo Jati sebagai icon terhits di Pantai Selatan," ungkap salah satu anggota Gober Fiko Rayhan H.P.

Dalam gaun yang dirancang Huda Faturrahman tersebut, ujung gaunnya terjuntai. Dan di atas juntaian tersebut terdapat dekorasi air laut, jembatan, dan Pura Luhur Amertha Jati. Nah, di belakang dress itu terdapat dekorasi gerbang Pantai Balekambang dan senjata Nyi Roro Kidul.

"Yang di atas itu gerbangnya Pantai Balekambang, yang ini jembatan mau ke pura, yang di atas (kepala) melambangkan senjatanya Nyi Roro Kidul," papar Huda menjelaskan gaun karyanya.

Huda melanjutkan, pembuatan gaun tersebut memakan waktu sekitar 2 minggu. Menurutnya, pemilihan warna biru menunjukkan laut. Namun, sebenarnya ia awalnya bermaksud menggunakan warna hijau.

"Sebenarnya mau hijau, tapi terlalu sakral karena itu warna Nyi Roro Kidul," imbuhnya.

Untuk diketahui, gaun tersebut memenangkan juara 1 di Festival Kostum Karakter yang diadakan Kabupaten Malang, mengalahkan sekitar 80 peserta.

Pewarta : Imarotul Izzah
Editor : Heryanto
Publisher : Yogi Iqbal
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top