5 Teknologi yang Bisa Meringankan Beban Manusia, Bahkan Bisa Bangun Rumah

Screenshot Video (Youtube)
Screenshot Video (Youtube)

JATIMTIMES, MALANG – Peradaban manusia zaman sekarang sudah sangat canggih, mesin dan alat teknologi canggih pun bukan lagi hal yang mengagumkan dan kini sudah bisa digunakan dan diakses hampir semua orang di muka bumi.

Setiap tahun semakin banyak bermunculan teknologi-teknologi ciptaan manusia yang dapat membuat hidup kita menjadi lebih mudah dan menghemat banyak waktu.

Berikut MalangTIMES mencoba mengulas 5 mesin dan alat teknologi canggih yang ada di dunia :

1. Barrier Transfer Machine
Istilah Zipper biasanya digunakan sebagai resleting jaket atau celana, tetapi istilah ini digunakan untuk model resleting yang digunakan sebagai pembatas jalan.

Kendaraan ini merupakan kendaraan berat yang digunakan untuk memindahkan beton pembagi jalur untuk mengurangi kemacetan lalu lintas selama jam-jam sibuk.

Selain itu alat ini juga banyak digunakan untuk memasang pembatas sementara selama ada pekerjaan konstruksi.

Jalur yang dibuat oleh kendaraan ini sering di sebut sebagai zipperland atau jalur resleting.

Kendaraan ini memberikan kemudahan untuk mengatur atau memindahkan marka beton yang tujuannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat pengendara menyebrang atau melawan arus.

2. Zipper Truck
Adalah truk yang dapat membuat terowongan dengan cepat. Truk ini merakit dan menyusun blok-blok beton menyerupai lengkungan yang menjadi atap terowongan.

Proses kerjanya yaitu dengan mengunci setiap blok beton dengan erat secara bersamaan. Perusahaan log blok telah menghilangkan kebutuhan untuk mortar atau untuk perekat dan lama waktu konstruksi hingga 90%.

Dengan teknologi log block yang inovatif tersebut seperempat mil terowongan dapat dibangun dalam waktu kurang dari 24 jam dan dapat langsung digunakan.

Dengan menggunakan Zipper Truck blok-blok tersebut akan langsung terpasang bersama-sama pada saat truk melaju secara perlahan.

Struktur yang dibuat oleh Zipper Truck ini juga tahan gempa dan cukup mudah apabila akan dibongkar.

3. Feller Buncher
Alat ini adalah alat dengan mesin bermotor yang dapat digunakan cepat memotong dan mengumpulkan beberapa pohon sebelum penebangannya.

Alat berat ini merupakan alat berat standart dengan alat pencengkram pohon yang dilengkapi dengan gergaji atau pemotong.

Mesin ini kemudian menempatkan pohon yang telah ditebang ditumpukan pada skider atau forwadher untuk diproses lebih lanjut.

Sedangkan alat lain yang biasanya digunakan untuk menebang pohon adalah triharvester, berbeda dengan feller buncher alat ini bisa memotong pohon menjadi bagian-bagian kecil yang kemudian akan diproses lebih lanjut.

4. Hadrian 105
Sebuah perusahaan Australia bernama Fastbrick Robotics, memiliki robot yang bisa menempatkan 1000 bata perjamnya, dan membangun rumah dalam waktu kurang dari 2 hari.

Meskipun masih dalam bentuk prototype namun perusahaan pembuatnya yaitu Fastbrick Robotics berharap membawa mesin komersial ini ke pasar dalam waktu beberapa tahun mendatang.

Hadrian 105 bisa mengangkat 1 pack bata dan memegang serta memproses pembuatan rumah tanpa campur tangan manusia.

Sebuah komputer membantu mendesain file memastikan mesin Hadrian memotong mengarahkan dan meletakkan bata ketempat yang akurat menggunakan teleskopibum sepanjang 28 meter.

Standarnya sebuah rumah memerlukan 15 ribu bata untuk dibangun dan biasanya memakan waktu 5 hingga 6 minggu. Tapi dengan robot Hadrian ini mampu membangun rumah dari awal hingga akhir hanya dalam 2 hari.

5. Automatica
Video klip dari sebuah album musik sering kali diisi oleh personal band yang beraksi memainkan musiknya. Namun bagaimana jika pemain musik tersebut digantikan oleh robot? 

Michael John Stanford adalah seorang seniman yang memiliki latar belakang insinyur mencoba memanfaatkan 3 buah robot industri yang dipinjamkan kepadanya dan berada di perusahaan asal Jerman.

Dia membuat orkestra dimana robot-robot tersebut memainkan alat musik dengan sangat lihai. Robot tersebut diketahui memiliki transisi gerakan yang tinggi, serta dapat diprogram untuk melakukan hal apapun.

Robot tersebut setidaknya memainkan 5 instrumen, antara lain drum, bass, piano dan piringan berputar. Menurut Stanford piringan berputar yang biasa dimainkan oleh DJ ini adalah instrumen yang paling susah dikerjakan oleh robot. Sebab jika robot-robot tersebut menekannya terlalu keras maka akan menghancurkannya.

Nah itu tadi beberapa contoh perkembangan teknologi yang mampu melakukan tugas layaknya manusia. Pembaca setia MalangTIMES juga ada yang berminat menggunakan jasa para robot tersebut?

Pewarta : Hendra Saputra
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]jatimtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]jatimtimes.com | marketing[at]jatimtimes.com
Top